Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Motivasi Kerja terhadap Hasil Kompetensi Keahlian Siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Yuni Fitria Nurcahyani, Nur Hidayat, S.Pd., M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar tingkat pengalaman praktik kerja industri, motivasi kerja dan uji kompetensi keahlian siswa Kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; ( (2) mengetahui pengaruh praktik kerja industri terhadap kompetensi siswa; (3) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kompetensi siswa; (4) mengetahui pengaruh praktik kerja industri dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kompetensi siswa Kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan praktik kerja industri (X1) dan motivasi kerja (X2) sebagai variabel bebas serta hasil uji kompetensi keahlian (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebanyak 32 siswa dan sampel sebanyak 30 siswa dengan menggunakan tabel Issac Michael. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) tingkat pengalaman praktik kerja industri siswa Kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta termasuk dalam kategori kurang (53,125%), tingkat motivasi siswa termasuk dalam kategori kurang ( 40,625%) dan uji kompetensi keahlian siswa termasuk dalam kategori tuntas (100%); (2) praktik kerja industri  tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi siswa (p>0,05); (3) motivasi kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap uji kompetensi keahlian siswa (p>0,05); (4) praktik kerja industri dan motivasi kerja secara bersama-sama tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap uji kompetensi keahlian siswa.

Full Text:

PDF

References


BSNP. (2016). Pedoman Penyelengaraan Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun Ajaran 2015/2016. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Danang Sunyoto. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. (2003). UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

_____. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas

Dikmenjur. (2013). Pedoman Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Depdiknas.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Djemari Mardapi (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendika.

DPSMK. (2012). Pedoman Penyelenggaraan UN Kompetensi Keahlian SMK Tahun Pelajaran 2011/2012. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Dwi Sapitri Iriani dan Soeharto (2015) Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 3, Mei 2015. JPTK UNY.

Oemar Hamalik.(2007).Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu: Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jonathan Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kepala Badan Kepegawaian Negeri Nomor: 46A tahun 2003 http://fp.ub.ac.id/kepegawaian/wp-content/uploads/2013/01/PERKA-BKN-NOMOR-13-TAHUN-2011-PEDOMAN-PENYUSUNAN-STANDAR-KOMPETENSI-JABATAN.pdf diunduh pada 21 Desember 2016 pukul 13.40 WIB.

Kepmendikbud (1997). Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Kemdikbud.

Lynn. (1986). How to Measure Achievement. California: Sage Publications

M. Dalyono. (2009).Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 104 tahun 2014 tentang Penilaian hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan menengah

Sandi Pratiwi (2013) Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Motivasi Kerja terhadap Hasil Uji Kompetensi Siswa kelas XII Program Keahlian Mekatronika dan Elektronika Industri SMK N Tembarak. Skripsi. FT UNY.

Sri Setiyati (2014) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 2, Oktober 2014. JPTK UNY.

Sudjana. (2001). Metode Statistika. Bandung:Tarsito.

Sugiyono.(2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

_____(.2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

_____.(2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

_____.(2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

_____.(2012). Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_____.(2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT.Rineka Cipta

_____.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_____. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi. (2000). Metodelogi Research Jilid 2. Yogyakarta : Andi Offset.

_____.(2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Taufik Romadon (2014) Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Motivasi Kerja terhadap Hasil Uji Kompetensi Siswa SMK N Sedayu.Skripsi. FT UNY.

Wardiman Djojonegoro. (1988). Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan Dalam Era Kompetensi Global. Jakarta. PT Jayakarta Agung Offset

Widihastuti (2007) Pencapaian Standar Kompetensi Siswa SMK Negeri Program Keahlian Tata Busana di Kota Yogyakarta. JPTK, Vol. 16, No. 2, Oktober 2007. JPTK UNY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.