Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Praktik Kerja Kayu Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta

Khaliqa Putri, Nur Hidayat, S.Pd., M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, sikap, dan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada praktik kerja kayu siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memaparkan secara ilmiah mengenai perilaku K3 siswa pada saat praktik kerja kayu yang dilakukan oleh siswa sebagai perwujudan dalam pelaksanaan K3. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan secara detail terhadap apa yang ditemukan dalam pengambilan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)  Pengetahuan siswa kelas XII TGB mengenai K3 sebagian besar masuk dalam kategori baik, (2) Sikap siswa kelas XII TGB dalam melaksanakan K3 pada praktik kerja kayu sebagian besar masuk dalam kategori baik, (3) Penerapan K3 siswa kelas XII TGB sebagian besar selalu menerapkan tindakan K3 pada saat praktik kerja kayu.

Full Text:

PDF

References


Arif Furchan. (2007). Pegantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depnaker. (1996). Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 05/MEN/1996 Tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Paryanto. (2008). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Pemesinan Mahasiswa D3 Teknik Mesin UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan FT UNY (Nomor 1 Volume 17). Hlm. 103.

Purwanto dan Thomas Sukardi. (2015). Pengelolaan Bengkel Praktik SMK Teknik Pemesinan Di Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan FT UNY (Nomor 3 Volume 22). Hlm. 291.

Putut Hargiyarto. (2011). Analisis Kondisi dan Pengendalian Bahaya Di Bengkel/Laboratorium Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan FT UNY (Nomor 2 Volume 20). Hlm. 209.

Rohyami. (2011) Keselamatan Kerja Laboratorium (Safety Lab). Diakses dari http://rohyami.staff.uii.ac.id/2011/11/21/keselamatan-kerja-laboratorium-safety-lab/ pada tanggal 21 Desember 2016. Jam 13.00 WIB.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi (STD). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.