Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Pada Mata Kuliah Gambar Teknik Jurusan Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Negeri

Wahyu Fitrian Prakoso, Drs. H. Lutjito, MT.

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berbasis Adobe Flash Professional CS6 yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dengan format aplikasi (.exe) pada mata kuliah Gambar Teknik. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4D (four-D) yaitu proses pendefinisian (define), proses perancangan (design), proses pengembangan (develop), dan proses penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk menguji kelayakan media pembelajaran dari ahli materi dan ahli media. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil pengembangan berupa produk media pembelajaran dengan enam komponen utama yaitu menu petunjuk, menu kompetensi, menu materi, menu evaluasi, menu profil dan menu referensi. Hasil validasi media pembelajaran. Ahli materi berada pada kriteria “sangat layak” dengan persentase penilaian sebesar 96,05% dan ahli media menilai media berada pada kriteria “sangat layak” dengan persentase sebesar 87,96%. Sehingga media pembelajaran layak digunakan serta disebarluaskan kepada mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Abdul Halik Sanaky, Hujair. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press

Djemari, Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia

Endang, Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nana, Sudjana. (2011). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Setyawan, Andhi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional Cs6 Pada Mata Kuliah Hidrolika Di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi S1.Yogyakarta: Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, Soenarto. (2011). Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: UNY

Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnesota: Leadership Training Institute.

Yamin, Martinis. (2012). Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.