Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan SketchUp pada Metode Pelaksanaan Pekerjaan Arsitektur Konstruksi Bangunan Gedung Bertingkat Rendah

Nilam Risdayanti, Drs. Sumarjo H, M.T.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran video animasi pada metode pelaksanaan pekerjaan arsitektur konstruksi bangunan gedung bertingkat rendah dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi menggunakan SketchUp pada metode pelaksanaan pekerjaan arsitektur konstruksi bangunan gedung bertingkat rendah. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D (four D) Thiagarajan yang meliputi 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah expert judgement dan angket penilaian mahasiswa untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran meliputi 9 video animasi yang disajikan dalam media PowerPoint. Hasil penilaian ahli materi dapat dikategorikan “sangat layak” dengan perolehan persentase sebesar 83%. Penilaian ahli media juga dapat dikategorikan “sangat layak” dengan perolehan persentase sebesar 88%. Selain itu, penilaian media pembelajaran oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan memperoleh persentase 77% dan dapat dikategorikan “sangat layak”.


Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2015). Media Pembelajaran (ed. Revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mikael Sugiyanto. (2009). 3D Modelling dengan Google SketchUp. Yogayakarta: Penerbit Andi.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2002). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Smaldino, E. Sharon, Deborah L. Lowther & James D. Russell. (2011). Instructional Technology & Media For Learning ed. 9 (Teknologi Pembalajaran dan Media untuk Belajar). Jakarta: Kencana.

Suharsimi Arikunto. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi II, cetakan kesembilan). Jakarta: Rineka Cipta.

Thiagarajan, S., Dorothy S. Semmel & Melvyn I. Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of exceptional children. Bloomington: Indiana University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.