Persepsi Siswa Tentang Peranan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 2 Pengasih

Muhamad Firdausi Ahla, Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd.

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk mendeskripsikan: (1) tingkat iklim sekolah; (2) tingkat kinerja guru; dan (3) peranan iklim sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian merupakan siswa kelas XI paket keahlian Teknik Gambar Bangunan sebanyak 64 siswa. Sampel berjumlah 54 siswa ditentukan dengan tabel Issac dan Michael. Instrumen penelitian ini berbentuk angket. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat iklim sekolah termasuk tinggi dengan nilai rerata persepsi siswa terhadap iklim sekolah sebesar 63,5, kecenderungan persepsi siswa terhadap iklim sekolah kategori sangat tinggi sebesar 1,86% dan kategori tinggi sebesar 57,4%; (2) tingkat kinerja guru termasuk tinggi dengan nilai rerata persepsi siswa terhadap kinerja guru sebesar 73,5, kecenderungan persepsi siswa terhadap kinerja guru kategori sangat tinggi sebesar 31,49% dan kategori tinggi sebesar 53,7%; dan (3) iklim sekolah memiliki peranan yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai r=0,699 dan nilai p=0,00<0,05. Sumbangan iklim sekolah terhadap kinerja guru sebesar 48,9%, sedangkan 51,1% sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2005). UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Jakarta.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendika.

Dwi Siswoyo, dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Lynn. (1986). How to Measure Achievement. California: Sage Publications.

Saifuddin Azwar. (2012). Reliabilitas dan Validitas. (Edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno Hadi. (2004). Metodologi research. Jilid I, cetakan ke-IV. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan, Fakultas Psikologi UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.