Pengembangan Media Pembelajaran Beda Tinggi Menggunakan App Inventor Pada Mata Kuliah Geomatika I

Anggini Winandra, Dr. Ir. Sunar Rochmadi, M. E. S.

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk aplikasi Android. Pembelajaran dikhususkan pada mata kuliah Geomatika I pada kompetensi dasar beda tinggi. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4D (four-D). Pada penelitian ini dasarnya dilakukan meluai empat tahapan utama, yaitu proses pendefinisian (define), proses perancangan (design), proses pengembangan (develop), dan proses penyebaran (disseminate). Hasil pengembangan didapatkan sebuah produk media pembelajaran yang dapat digunakan pada Android versi Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, dan Lollipop. Ahli materi menilai media pembelajaran termasuk pada kriteria “sangat layak” dengan persentase penilaian sebesar 89,3%. Ahli media menilai media pembelakaran termasuk pada kriteria “layak” dengan persentase sebesar 81,67%. Media pembelajaran ini dapat digunakan dan disebarluaskan kepada mahasiswa jurusan PTSP FT UNY sebagai media pembelajaran mahasiswa yang dapat digunakan secara langsung di dalam ruang kelas atau untuk belajar mandiri di mana saja dan kapan saja.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Lutfiyanta. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan dan Menggambar 1. Skripsi S1. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Erwan, Sutarno & Mukhidin. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 21, No. 3, Hal. 203-2018.

Eueung, Mulyana. (2012). App Inventor: Ciptakan Sendiri Aplikasi Androidmu. Yogyakarta: Andi Offset

Eveline, Siregar & Hartini, Nara. (2015). Cetakan Keempat. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Fajar, Mubarok. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application menggunakan App Inventor pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik untuk Siswa Kelas X Studi Keahlian TGB SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Haris, Mujiman. (2011). Cetakan Keempat. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hiemstra, R. (1994). Self-Directed Learning dari http://ccnmtl.columbia.edu/ projects/pl3p/Self-Directed%20Learning.pdf. Pada tanggal 10 Juni 2016, jam 14.30 WIB.

Song, Liyan & Hill, R., Jannete. (2007). A Conceptual Model for Understanding Self-Directed Learning in Online Environments. Diakses dari http://www.ncolr.org/jiol/issues/pdf/6.1.3.pdf. Pada tanggal 10 Juni 2016, jam 16.00 WIB.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan; Pendidikan Kuantittif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sunar, Rochmadi. Pengukuran Beda Tinggi. Modul Kuliah S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Susana, Widyastuti & Erna, Andriyanti. (2012). Pengembangan Materi Pembelajaran Mandiri Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep-Konsep Dasar Linguistik Dalam Mata Kuliah Introduction to Linguistics. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/ 132231094/Pengembangan%20Materi%20Pembelajaran%20Mandiri.pdf. Pada tanggal 10 Juni 2016, jam 16.37 WIB.

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Minnesotta: U.S. Office of Education.

Winfred, F. H. (2014). Cetakan X. Theories of Learning (Teori-Teori Pembelajaran). Penerjemah: M. Khozim. Bandung: Penerbit Nusa Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.