Pembelajaran Pendekatan Saintifik Pada Kelompok Mata Pelajaran Paket Keahlian (C3) Untuk Mengembangkan Nurturen Efek Sikap Spiritual dan Sosial Siswa SMK Paket Jeahlian Teknik Gambar Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta

Agus Setyawan, Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru kelompok mata pelajaran paket keahlian (C3) dalam : (1) merencanakan RPP; (2) melaksanakan pembelajaran; (3) melakukan penilaian pembelajaran berbasis pendekatan saintifik untuk mengembangkan sikap spiritual dan sosial siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptiv dengan populasi guru C3 sebanyak 28 orang dari 7 SMKN di DIY, dan sampel yang digunakan sebanyak 14 orang dari masing-masing SMK sebanyak 2 guru C3 didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas instrumen dilakukan terhadap validitas isi, uji rebilitas menggunakan program SPSS V.22. Teknik analisis data dengan dekriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru dalam merencanakan RPP masuk kedalam kategori “cukup”; (2) kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran saintifik masuk kedalam kategori “memadai” dan pengembangan sikap spiritual dan sosial masuk kedalam kategori “memadai” ;(3) penilaian sikap yang digunakan oleh guru masuk kedalam kategori “memadai”.

Full Text:

PDF

References


Amat Jaedun, dkk. (2014). Kesiapan Guru SMK Program Keahlian Teknik

Bangunan Di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Laporan penelitian. Yogyakarta: FT UNY.

Imam Muchoyar, dkk. (2014). Kesiapan Guru Bidang Keahlian Teknik

Bangunan Dalam Implementasi Kurikulum 2013 SMK Negeri di DIY. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FT UNY.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar

Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 66 tahun 2013 tentang Standar

Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 104 tahun 2014 tentang Penilaian

Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 103 tahun 2014 tentang

Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 81A tahun 2013 tentang

Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 70 Tahun 2013 tentang Kerangka

Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan.

Sutarto. (2015). Kemampuan Guru SMK Program Keahlian Teknik

Bangunan Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Laporan Penelitian Kolaborasi. Yogyakarta: FT UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.