Peranan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha SMK Negeri 2 Depok, Kabupaten Sleman (Studi Pada Siswa Kelas XI TGB Tahun Ajaran 2015/2016)

Helfian Adhe Saputro, Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat minat berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Depok. (2) tingkat prestasi mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Negeri 2 Depok. (3) kondisi lingkungan sosial siswa siswa SMK Negeri 2 Depok. (4) peran prestasi mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. (5) peran lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha siswa. (6) peran prestasi akademik mata pelajaran kewirausahaan dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha.

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Depok dengan jumlah sebanyak 55 siswa tahun ajaran 2015/2016. Jumlah sampel menggunakan tabel Krecjie dan Morgan didapatkan 48 responden teknik random sampling dengan metode perhitungan teknik sampling proporsional didapatkan responden untuk kelas XI A yaitu 22 siswa dan kelas XI B  26 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Minat berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Depok termasuk kategori tinggi dengan modus 81,25%. (2) Prestasi mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Negeri 2 Depok sudah sangat baik dengan didapatnya 100% nilai diatas nilai KKM. (3) Kondisi lingkungan sosial SMK Negeri 2 Depok termasuk kategori mendukung dengan modus 89,58%. (4) Prestasi mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha tidak memiliki peranan yang signifikan dilihat dari hasil pengujian yaitu p > 0,05, sumbangan yang diberikan relatif 11,02% dan efektif 0,67%. (5) Kondisi lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha memiliki peranan yang signifikan dilihat dari hasil pengujian yaitu p < 0,05, sumbangan yang diberikan relatif 88,98% dan efektif 5,43%. (6) Koefisien determinan R2y(1,2) sebesar 0,061 berarti prestasi akademik mata pelajaran kewirausahaan dan lingkungan sosial secara bersama-sama mampu mempengaruhi 6,10 % perubahan pada variabel minat berwirausaha. Pada akhirnya penelitian ini akan diketahui persamaan regresinya yaitu Y’= 39,269 + 0,122.X1 + 0,172.X2 untuk mengatahui peranan prestasi akademik mata pelajaran kewirausahaan dan minat berwirausaha terhadap minat berwirausaha.

Kata kunci: Prestasi Akademik Mata Pelajaran Kewirausahaan, Lingkungan Sosial, Minat Berwirausaha.

Full Text:

PDF

References


Anomim. (2015). Standar Penilaian Kurikulum 2013. http://harunnilah.blogspot.co.id/2015/04/standar-penilaian-dalam-kurikulum-2013.html. Di Akses pada tanggal 15 Desember 2016.

Anomim. (2016). Data wirausaha 2016 http://www.smartbisnis.co.id/content/read/berita-bisnis/2016-kemenkop-ukm-targetkan-jumlah-pengusaha-menjadi-2-persen-. Di Akses pada tanggal 25 Januari 2017.

Badan Pusat Statistik.( 2016). Angkatan Kerja. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1909. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2016.

_________________. (2016). Lapangan Pekerjaan Umum. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/970. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2016.

_________________. (2016). Status Pengangguran Wilayah. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1907. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2016.

Helga Nurul Amalia. (2015). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa jurusan pemasaran SMK Diponegoro Salatiga. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Muhammad Arif Mustofa. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.