Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sedayu

Ni Putu Diah Untari Ningsih, Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) pelaksanaan Praktik Kerja Industri pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu ditinjau dari aspek konteks (lingkungan yang mendukung praktik kerja industri); (2) pelaksanaan Praktik Kerja Industri pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu ditinjau dari aspek input (kesiapan peserta didik, kompetensi guru, kompetensi pembimbing lapangan dan kesiapan sarana dan prasarana); (3) pelaksanaan Praktik Kerja Industri pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu ditinjau dari aspek proses (kinerja peserta didik, kinerja guru pembimbing, dan kinerja pembimbing lapangan); (4) pelaksanaan Praktik Kerja Industri pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu ditinjau dari aspek produk (kesiapan kerja).

Sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari responden siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu sebanyak 29 orang dan 6 guru pembimbing melalui angket, dan data sekunder melalui dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket tertutup. Metode angket tertutup terdiri dari angket untuk peserta didik dan angket untuk guru pembimbing. Responden dalam penelitian ini adalah para siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Sedayu. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menyajikan modus, median, persentase, tabel distribusi frekuensi, histogram, dan tabel pengkategorian variabel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komponen Konteks yang meliputi kondisi lingkungan yang mendukung praktik kerja industri masuk kategori baik; (2) komponen Input yang meliputi sarana dan prasarana di sekolah, sarana prasarana di industri, kompetensi guru pembimbing, kompetensi pembimbing lapangan, dan kesiapan peserta didik masuk kategori baik; (3) komponen Proses yang meliputi kinerja peserta didik, kinerja guru pembimbing, dan kinerja pembimbing lapangan masuk kategori baik; (4) komponen Produk yang meliputi kesiapan kerja masuk kategori baik. Sehingga program praktik kerja industri di SMK N 1 Sedayu dapat dilanjutkan dengan beberapa perbaikan dalam komponen Input yaitu sarana dan prasarana di sekolah yang harus ditingkatkan lagi mengenai alat-alat K3, kondisi ruang praktik, ruang teori, dan toilet siswa. Komponen Proses yaitu kinerja guru pembimbing dalam memonitoring siswa di industri lebih intensif sesuai dengan tugas dan kewajibannya.

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, dkk. (2016). Analisis Implementasi Pendidikan Sistem Ganda pada SMK Masa Studi 3 Tahun dan 4 Tahun. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. Vol. 39 Nomor 1. Hlmn. 87 – 98.

Djemari Mardapi (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendika.

Dwi Retnoningsih. (2011). Pelaksanaan Praktik Industri Sebagai Upaya Peningkatan Kesiapan Kerja Pada Siswa Program Keahlian Tata Boga SMKN 1 Sewon. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugroho Wibowo. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. Vol. 23 Nomor 1. Hlmn. 45 – 50.

Sugihartono. (2009). Pengertian Pendidikan Sistem Ganda. Diakses dari https://sugihartono1.wordpress.com/2009/11/04/pendidikansistemganda/ pada tanggal 8 November 2016, jam 12.30 WIB.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin. (2004). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. (1988). Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembangunan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktinya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

______. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Th. Sukardi dan Putut Hargiyarto. (2007). Peran Bursa Kerja Khusus sebagai Upaya Penempatan Lulusan SMK dalam Rangka Terwujudnya Link and Match antara Sekolah dengan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. Vol 16 Nomor 2. Hlmn. 141-163.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.