Pengembangan Media Pembelajaran Interkatif Gambar Perspektif Untuk Siswa Program Keahlian Teknik Bangunan Kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta

Hikmah Amalia, Retna Hidayah, ST, MT, Ph.D.

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif mata pelajaran gambar teknik dasar khususnya, bahasan gambar perspektif. Produk penelitian ini berupa media interaktif yang dikembangkan dengan software macromedia flash.

Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model 4D (four-D). Secara garis besar penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu proses pendefinisian (define), proses perancangan (design), proses pengembangan (develop), dan proses penyebaran (disseminate). Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media melalui validasi dosen ahli serta penilaian dari siswa dan kelas kontrol untuk mengukur pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar siswa dengan analisis gain score.

Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berupa aplikasi media pembelajaran yang terdiri dari sepuluh komponen utama, yaitu intro, home, petunjuk penggunaan, halaman menu utama, halaman kompetensi, halaman materi, halaman simulasi, halaman evaluasi, halaman pustaka dan halaman profil pengembang. Penilaian oleh dosen ahli materi mendapatkan predikat “sangat layak”. Penilaian oleh dosen ahli media mendapatkan predikat “sangat layak”. Penilaian oleh mahasiswa mendapatkan predikat “baik”. Analisis terhadap hasil kelas kontrol menunjukkan pengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa dengan perolehan gain score sebesar 0,206 dalam kategori rendah.

Full Text:

PDF

References


Agus, Suheri. (2006). Multimedia Pembelajaran. Bandung: Citraindo.

Arikunto, Suharsimi. ( 2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Dientje Borman Rumampuk. (1988). Media Instruksional IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. (2011).Media Pembelajaran.Manual dan Digital. Bogor:Ghalia Indonesia

Sadiman, Arief et al. (2010). Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Sigit, Prasetyo. (2007). Media dalam Multimedia Pembelajaran. bandung: Ciptakarya.

Sudjana, Nana. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, & Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugihartono, et al. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Jurusan KurTekpend FIP UPI.

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnesotta: U.S. Office of Education

TIM TAS FT UNY. (2013). Pedoman penyusunan tugas akhir skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tunggul. Tri Cipta. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Purworejo. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Yohanes, Suparyono. (1981). Konstruksi Perspektif. Semarang. Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.