Peranan Bimbingan Karir dan Rasa Percaya Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Depok

Dian Tri Pintasari, Dr. Amat Jaedun, M.Pd.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan Bimbingan Karir, rasa percaya diri, dan kondisi kesiapan kerja pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Depok, (2) mengetahui peranan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja, (3) mengetahui perana rasa percaya diri terhadap kesiapan kerja, dan (4) mengetahui peranan bimbingan karir dan rasa percaya diri terhadap kesiapan kerja siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian ex poSt facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Depok dengan jumlah sebanyak 54 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan tabel Krejcie Morgan dan didapatkan sebanyak 48 responden. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunkan angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan Bimbingan Karir termasuk dalam katergori baik dengan mean sebesar 37.56, rasa percaya diri termasuk dalam kategori tinggi dengan mean sebesar 38.62, dan kondisi kesiapan kerja masuk dalam kategori tinggi dengan mean sebesar 65.50, (2) Bimbingan karir tidak memiliki peranan yang signifikan terhadap kesiapan kerja berdasarkan harga thitung = 1.512 < t tabel = 1.677 dan nilai signifikansi 0.138 > 0.05 dan peranannya sebesar 7.95%, (3) Rasa Percaya Diri memiliki peranan yang signifikan terhadap kesiapan kerja berdasarkan harga thitung = 2.537 > ttabel = 1.677 dan nilai signifikansi 0.015 < 0.05, dan peranannya sebesar 16.41%, dan (4) Bimbingan Karir dan Rasa percaya diri memiliki peranan yang signifikan terhadap kesiapan kerja n=berdasarkan harga F hitung = 7.243 > F tabel = 3.200, nilai signifikansi 0.002 < 0.05, dan peranannya sebesar 24.4%.


Full Text:

PDF

References


Amat Jaedun, Sutarto, & Ikhwanuddin. (2014). Model Pendidikan Karakter di SMK Melalui Program Pengembangan Diri dan Kultur Sekolah. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. (Vol. 22, No.2). Hlm 163 – 172.

Anonim. Tugas Makalah Psikologi-Percaya Diri. Diakses dari https://tulisantantim.wordpress.com/2012/07/04/tugas-makalah-psikologi-percaya-diri/ tanggal 25 november 2016

Arikunto, Suharsimi. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azzet, Akhmad Muhaimin. (2013). Urgendi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Djatmiko, Istanto wahyu. (2013). Buku Ajar Pendidikan Teknik Kejuruan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fitri Yanto, Agus. (2006). Ketidak Siapan Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dinamika Cipta.

Gani A, Ruslan Drs. (1987). Bimbingan Karir. Bandung: Angkasa.

Husaini Usman & R. Purnomo Setiady. (2015). Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Irsyadi, Ahmad Yusron. (2012). Pengaruh Bimbingan Karir dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa Dalam Memilih Karir Pada Kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu. Yogyakarta: Skripsi Fakultas Teknik UNY.

Jaedun, Sutarto, & Ikhwanuddin. (2014). Model Pendidikan Karakter di SMK Melalui Program Pengembangan Diri dan Kultur Sekolah. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. (Vol. 22, No.2). Hlm 163 – 172.

Lauster, P. (2012). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Martin Handoko dan Theo Riyanto. (2010). Bimbingan & Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Mustari, Mohamad. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurhayati, Tri. (2015). Peranan Praktik Kerja Industri dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi Fakultas Teknik UNY.

Nurrahmah, Eka. (2014). Pengaruh Hasil Praktik Kerja Industri, Peran Bimbingan Karir, dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia Se-Kodya Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Rasyidi, Herlambang. (2013). Pengaruh Kegiatan Praktik Kerja Industri dan Sikap Percaya Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sofyan Yamin & Heri Kurniawan. (2009). SPSS Complete. Jakarta : Salemba Infotek.

Sudarmanto, R. Gunawan. (2005). Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha ilmu.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Supriatna, Mamat. (2013). Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Th. Sukardi dan Putut Hargiyanto. (2007). Peran Bursa Kerja Khusus Sebagai Upaya Penempatan Lulusan SMK Dalam Rangka Terwujudnya Link and Match Antara Sekolah dengan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. (Vol. 16, No.2). Hlm 142-163.

Tim Tugas Akhir Skripsi FT UNY (eds). (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir.

Walgito. (1995). Bimbingan Karir . Yogyakarta: Andi Offset.

Wibowo. Nugroho. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. (Vol. 2, No.1). Hlm 45 – 50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.