Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta

Ainunna Uswatun Hasanah, Drs. Darmono, M.T

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja; (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kesiapan kerja; (3) pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah 48 siswa kelas XII Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta yang telah melaksanakan praktik kerja industri. Sampel penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yaitu sebesar 48 siswa. Data diambil menggunakan metode angket dengan model skala likert. Validitas instrumen penelitian dihitung menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas instrumen penelitian dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa ditunjukkan dengan thitung = 4,019 > t­tabel = 1,677 (p < 0,05) dan sumbangan efektif 16,78%; (2) terdapat pengaruh yang positif motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa ditunjukkan dengan thitung = 5,356 > t­tabel = 1,677 (p < 0,05) dan sumbangan efektif 31,02%; (3) terdapat pengaruh yang positif pengalaman praktik kerja industri dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa ditunjukkan dengan Fhitung = 20,616 > F­tabel = 3,19 (p < 0,05) dan sumbangan efektif 47,80%.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini & Akbar, Purnomo Setiady. (2011). Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.