Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Lunak AutoCAD Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah Pakem

Ilu Rosyid An Naafi, Drs. Pusoko Prapto, M.T.

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu belum tersedianya media pembelajaran yang menarik untuk mendukung proses pembelajaran menggambar dengan perangkat lunak AutoCAD di SMK Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran cetak berbentuk booklet pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak AutoCAD sesuai dengan materi AutoCAD dasar. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Pakem serta Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode 4D (four-D) yang dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu proses pendefinisan (define), proses perancangan (design), proses pengembangan (develop), dan proses penyebaran (disseminate). Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media pembelajaran yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran terkait.Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berupa Booklet Panduan Dasar Menggambar Dengan Perangkat Lunak AutoCAD. Booklet tersebut terdiri dari tiga bagian utama yaitu, pendahuluan, isi dan penutup. Penilaian oleh dosen ahli materi mendapat predikat “layak”. Penilaian oleh dosen ahli media mendapat predikat “sangat layak”. Penilaian oleh guru mata pelajaran mendapat predikat “layak”. Dengan demikian, media pembelajaan cetak berbentuk Booklet Panduan Dasar Menggambar Dengan Perangkat Lunak AutoCAD “layak” digunakan untuk proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Azwar Syaifuddin. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Endang Mulyatiningsih. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S; Semmel, D.S & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.