Hubungan Penguasaan Kompetensi Kerja Aspek Keterampilan Dan Sikap Dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari

Dimas Wicaksono, Retna Hidayah, ST, MT, Ph.D.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui kompetensi kerja aspek keterampilan, kompetensi kerja aspek sikap dan kesiapan kerja sesuai persepsi siswa kelas XII SMK N 2 Wonosari bidang keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) (2) Mengetahui hubungan kompetensi kerja aspek keterampilan dengan kesiapan kerja siswa kelas XII SMK N 2 Wonosari bidang keahlian TGB (3) Mengetahui hubungan kompetensi kerja aspek sikap dengan kesiapan kerja siswa kelas XII SMK N 2 Wonosari bidang keahlian TGB (4) Mengetahui hubungan kompetensi kerja aspek keterampilan dan kompetensi kerja aspek sikap dengan kesiapan kerja i siswa kelas XII SMK N 2 Wonosari bidang keahlian TGB.Penelitian ini merupakn jenis penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XII TGB SMK Negeri 2 Wonosari. Jenis penelitian ini adalah diskriptif korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi kerja aspek keterampilan cenderung sangat tinggi dengan presentase sebesar 53,125%, Kompetensi kerja aspek sikap cenderung sangat tinggi dengan presentase sebesar 59,375%, dan Kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian TGB SMK N 2 Wonosari cenderung sangat tinggi dengan presentase sebesar 62,5%. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi kerja aspek keterampilan dengan kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian TGB SMK N 2 Wonosari nilai rhitung sebesar 0,530 dan taraf signifikansi 5% didapat nilai p sebesar 0,002 < 0,05. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi kerja aspek sikap dengan kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Wonosari. nilai rhitung sebesar 0,821 dan taraf signifikansi 5% didapat nilai p sebesar 0,000 < 0,05. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi kerja aspek keterampilan dan kompetensi kerja aspek sikap dengan kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian TGB SMK N 2 Wonosari. i Fhitung sebesar 5,078 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,33 dan taraf signifikansi 5% didapat nilai p sebesar 0,002 < 0,05

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. (1995). Psikologi Industri & Sosial. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin.(2005). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bambang, Wahyudi (2002), Manjemen sumber Daya Manusia, Penerbit Sulita Bandung.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2006). UU no 30 Sistem Pendidikan Nasional pasal 15. Jakarta: Depdiknas.

Depnakertrans. (2003). Undang-Undang Nomor 13 tentang Ketenagakerjaan. Jakarta: Depnakertrans.

Dewa S Ketut. (1993). Analisis Inventori Minat Dan Kepribadian. Jakarta : Rineka Cipta.

Djaali. (2006). Psikologi pendidikan.. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Dunnette. (1976). Ketrampilan Mengaktifkan Siswa, Kencana Prenada Media Group : Jakarta

Elmubarok, Zaim. (2008), Membumikan Pendidikan Nilai . Bandung: Alfabeta Erlangga, Jakarta.

Eris Yustiono. (2011). Konsepsi Kompetensi. Diakses dari http://www.stialanbandung.ac.id, tanggal 30 Maret 2013, jam 19.40 WIB.

Fitriyanto, A. (2006) . Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gerungan, W.A. (2009). Psikologi sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Hasbullah, (1997). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Herminanto Sofyan. (1986). Kesiapan Kerja STM Se-Jawa untuk memasuki Lapangan Kerja. Yogyakarta: Jurnal Kependidikan Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Kartini Kartono. (1991). Menyiapkan dan Memandu Karier. Jakarta: Rajawali Pers.

Linggasari, Yohannie. (2015) Kemendikbud: Hampir Semua Lulusan SMK Terserap Dunia Kerja, diambil pada hari senin 16 januari 2017 dari http://www.cnnindonesia.com/nasional/20151007134211-20-83416/kemendikbud-hampir-semua-lulusan-smk-terserap-dunia-kerja/

Moh Thayep Manribu. (1998). Pengantar Bimbingan dan Konseling Karir. Jakarta: Depdikbud.

Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Robbins. P.S.,(2002), Prinsip-prinsip Perlaku Organisasi. Edisi kelima , Penerbit Erlangga, Jakarta.

Rahayu, Srikandi. (2015) Seputar Pengertian Drafter CAD, diambil pada hari senin 16 januari 2017 dari :http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2015/02/seputar-pengertian-drafter-cad.html

Sakti, Fredi Prima (2015). Pengaruh Penguasaan Kompetensi Keahlian Dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Bekerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Intalasi Tenaga Listik Di Smk N 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Schippers, U. (1994). Pendidikan Kejuruan di Indonesia. Bandung: Angkasa.

Setyaprabowo, Padadan (2007). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK N 2 Purworejo Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta,

Sugihartono dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Suheri Sandi (2012). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan, Motivasi Kerja, dan Informasi Pekerjaan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas III SMK N 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukardi, Thomas & Putut Hargiyanto. (2007). Peran Bursa Kerja Khusus Sebagai Upaya Penempatan Lulusan SMK dalam Rangka Terwujudnya Link and Match antara Sekolah dengan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan kejuruan. Volume 16. No 2. Oktober (2007). Halaman 161.

Suprapto, Tommy. (2009). “Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi”. PT Buku Kita. Jakarta

Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan kejuruan. Volume 23. No 1. Mei. (2016). Halaman 49.

Wagiran, wagran. (2007). Inovasi Pembelajaran dalam Penyiapan Tenaga Kaerja Masa Depan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan kejuruan. Volume 16. No 1. Mei. (2007) Halaman 53.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.