Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Pada Mata Kuliah Hidrolika Di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta

Andhi Setyawan, Didik Purwantoro, M.Eng

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada mata kuliah Hidrolika di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan.Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4D (four-D). Penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data uji kelayakan dari ahli media, ahli materi dan mahasiswa yang tengah mengikuti mata kuliah Hidrolika. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil pengembangan diperoleh produk media pembelajaran menggunakan model pengembangan 4D dengan 7 komponen utama. Hasil validasi media pembelajaran (1) Ahli media dengan presentase kelayakan 82,35% berada pada kategori “sangat layak”. (2) Ahli materi dengan presentase kelayakan 90% berada pada kategori “sangat layak”. (3) Penilaian mahasiswa dengan presentase kelayakan 82% berada pada kategori “sangat layak” untuk digunakan. Berdasar hasil tersebut maka media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran Hidrolika di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan.

Full Text:

PDF

References


Aka, K. A. (2013). Model-Model Pengembangan Bahan Ajar (ADDIE, ASSURE, Hannafin dan Peck, Gagne dan Briggs, serta Dick and Carry) Borg and Gall, 4D. Diakses dari http://belajarpendidikanku.blogspot.com/. pada Agustus 2016.

Ahmad Rivai, Nana Sudjana. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Anonim. (2013). Istilah dalam Adobe Flash. Diakses dari http://kacamedia.blogspot.co.id/ 2013/08/istilah-dalam-adobe-flash.html. pada Agustus 2016.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Azwar, Saifuddin. (2007). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Florida, Elisa. (2013). Flash. Diakses dari https://elisaflorida.wordpress.com/ 2013/07/29/flash/. pada Agustus 2016.

Latuheru, D . John (1988). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar- Mengajar Masa kini. Jakarta : Depdikbud.

Lutjito. (2010). Hidraulika Saluran Terbuka. Yogyakarta: DIPA BLU UNY.

Mulyatiningsih, Endang. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf. pada September 2016.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mustholiq, Imam et al. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Dasar Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY (Vol 16 Nomor 1). Hlm. 1.

Muttaqin, Soleh. (2015). Perkembangan Flash. Diakses dari http://ngeblag.blogspot.co.id/2015/01/perkembangan-flash.html. pada Agustus 2016.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat (1) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.

Rizkiansyah, Irvan. (2013). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Teknik Bermain Piano Berbasis Multimedia Di Lembaga Kursus Musik “Ethnictro” Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Informatika, FT UNY.

Rochmatika, Efi. (2015). Aplikasi Media Pembelajaran Origami Berbasis Flash Menggunakan Adobe Flash CS5. Skripsi S1. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Informatika, FT UNY.

Sadiman, A. S. dkk. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Soenarto, Sunaryo. (2011). Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan; Pendidikan Kuantittif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujatmiko, Eko Willy Ant. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK N 3 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Mesin, FT UNY.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukoco, et al. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY (Vol 22 Nomor 2). Hlm. 219.

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Minnesotta: U.S. Office of Education.

Wahono, Satria Romi. (2006). Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Diakses dari http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/. pada September 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.