Peranan Prestasi Mata Kuliah Bahan Bangunan dan Kesiapan Praktik Industri dengan Minat Berwirausaha

Vivid Lucha Deanggi, Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan prestasi mata kuliah bahan bangunan dengan minat berwirausaha mahasiswa prodi PTSP UNY ; (2) untuk mengetahui hubungan kesiapan mahasiswa praktik industri dengan minat berwirausaha mahasiswa prodi PTSP UNY ; (3) untuk mengetahui hubungan prestasi mata kuliah bahan bangunan dan kesiapan mahasiswa praktik industri secara bersama-sama dengan minat berwirausaha mahasiswa prodi PTSP UNY.

Penelitian ini merupakan ex-post facto dengan populasi 101 mahasiswa. Sampel sebanyak 72 mahasiswa PTSP FT UNY yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunkan angket dengan model skala likert 4 alternatif jawaban. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda dengan taraf signifikasi 5%

Hasil dalam penelitian ini adalah (1) Besar peranan prestasi mata kuliah bahan bangunan dan kesiapan praktik industri dengan minat berwirausaha pada mahasiswa prodi PTSP dalam penelitian ini memiliki nilai R sebesar 0,177, sedangkan sumbangan efektif peranan prestasi mata kuliah bahan bangunan dan kesiapan praktik industri dengn minat berwirausaha mahasiswa hanya 3,1% dan 96,9% adalah faktor lain yang tidak diteliti dengan hasil persamaan garis regresinya adalah Y= 79,860 - 0,159x1 - 0,025x2.; (2) Dari 72 mahasiswa yang dijadikan sampel,terdapa 3 mahasiswa yang tidak lulus mata kuliah bahan bangunan ; (3) Tingkat kesiapan PI mahasiswa PTSP tergolong dalam kateori siap dengan skor angket 86,49; (4) Tingkat minat berwirausaha mahasiswa PTSP tergolong dalam kateori tinggi dengan skor angket 64,36; (5) Tidak terdapat peranan yang positifdansignifikan antara prestasi mata kuliah bahan banguan dengan minat berwirausaha; (6) Tidak terdapat peranan yang positif dan signifikan antara kesiapan praktik industri dengan minat berwirausaha mahasiswa prodi PTSP FT UNY; (7) Tidak terdapat peranan yang positifdansignifikan antara prestasi mata kuliah bahan bangunan dan kesiapan mahasiswa praktik industri dengan minat berwirausaha mahasiswa prodi PTSP UNY

Full Text:

PDF

References


Agus Fitriyanto. (2006). Ketidaksiapan Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dinamika Cipta

Ahmad Mussabikhin. (1999). Hubungan Bimbingan Kejuruan, Informasi Dunia Kerja dan Pengetahuan Manajemen Bisnis Dengan Minat Berwiraswasta Siswa Kelas III Jurusan Bangunan SMK 2 Yogyakarta. Skripsi. UNY

Ahmad Rizali, Indra Djati Sidi, Satria Dharma. (2009). Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Jakarta : Gramedia

Aiken, L.R. dan Marnat, G.G. (2008). Pengetesan dan Pemeriksaan Psikologi. Terjemahan: Widiastuti, H. Jakarta: Indeks

Aribowo Prijosaksono dan Sri Bawono. (2005). The Power Of Entrepreneurial Intelligence, Membangun Sikap dan Perilaku Entrepreneur Dalam Diri Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo

Arif Budhiarto. (2013). ”Pengaruh Prestasi Mata Pelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Bangunan Di SMK Negeri 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. UNY.

Arifin Noorsani. (2015). “Hubungan Prestasi Praktek Indutri dan Prestasi Mata Pelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Muhamadiyah 1 Playen”. Skripsi. UNY.

Aris Kurniawan. (2015). “Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli Beserta Macamnya”. Diakses dari http:/ www.gurupendidikan.com/pengertian-prestasi-menurut-para -ahli-beserta-macamnya/. Pada 15 Juni 2016, jam 14.17 WIB

Ating Tedjasutisna. (2008). Memahami KewirausahaanSMK Kelas X Berdasarkan Standar Isi 2006. Bandung: CV Armico.

Badan Pusat Statistik. (2015). Tabel Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan1986-2015. Diakses pada https://www.bps.go.id/link TabelStatis/view/id/972. Tanggal 6 Juni 2016. jam 15.01 WIB.

Buchari Alma. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Dali Gulo. (1983). Kamus Psikologi. Bandung: Toris.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1994). Konsep Sistem Ganda pada Pendidikan Menengah Kejuruan di Indonesia. Jakarta. Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Emilda Jusmin. (2012). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik Di Unit Produksi Sekolah, dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Di Kabupaten Tanah Bumbu. JPTK. UNY

Geoffrey G. Meredith. (2011). Kewirausahaan Teori dan Praktek. (Alih Bahasa: Andre Asparayogi). Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Hmad Rizali, Indra Djati Sidi, Satria Darma. (2009). Dari GuruKonvensional Menuju Guru Profesional. Jakarta: Gramedia.

Ivan Hanafi. (2014). Pendidikan Teknik dan Vokasional. Bandung: Refika Aditama.

Jorlin Pakpahan. 1994. Sisiem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan: Implernentasi Link and Match dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan T eknologidan Kejuruan. Jakarta : ditdikmenjur.

Kasmir. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kemendikbud. (2012). Undang-Undang RI No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta. Kemendikbud

Khairun Alim. (2012). Hubungan Antara Prestasi Belajar dan Prestasi Praktik Industri dengan Minat Berwiraswasta Siswa Kelas III Bidang Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri Yogyakarta. Skripsi. UNY

M. Ngalim Purwanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rudakarya

Mila Saraswati, Ida Widaningsih. (2008). Be Smart Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Grafindo Media Pertama

Moko P. Astamoen. (2005). Entrepeneurship Dalam Prespektif Kondisi Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Ni Made Suriani. (2014). Entrepreneurs. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nolker. (2005). Pendidikan Kejuruan : Pengajaran, Kurikulum, Perenoanaan. Jakarta: Gramedia.

Purwadarminta, W. J . S. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Raelin. (2008). Peranan praktek kerja industry. Diakses dari http://id.wikipedia.org/wiki/peranan_industri.html. Pada tanggal 15 Juni 2016, jam 13.15 WIB

Siti Nurbaya. (2012). Faktor – Factor yang Mempengaruhi Kesiapan Berwirausaha Siswa SMKN Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. JPTK. UNY

Slameto. (2005). Belajar dan Fakor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Grasindo.

Sri Habsari. (2005). Bimbingan dan Konseling SMA untuk Kelas XI. Jakarta. Grasindo.

Sudjipto. (2001). Apakah Anda Mengalami Burnout. Diakses dari www.depdiknas.go.id/jurnal/45/sutjipto.htm. Pada tanggal 16 Juni 2016, jam 19.32 WIB

Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suharsimi Arikunto. (2003). Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara

Suharyadi, dkk. (2007). Kewirausahaan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat.

Sulasmi. (2015). Pengaruh student company terhadap kompetensi kewirausahaan siswa sekolah menengah kejuruan di daerah istimewa Yogyakarta. JPTK. UNY

Sumadi Suryabrata. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suriani Ginting dan Linda Suryana. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Opini Audit Going Concern pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Wira Ekonomi Mikroskis. Vol 4, No 2

Suryana. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Sutrisno Hadi. (2000). Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Tim Praktik Industri. (2016). Pedoman Praktik Industri Fakultas Teknik UNY. Yogyakarta. UNY

Tim tugas akhir skripsi FT UNY.(2013). Pedoman penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta. UNY

UNY. Peraturan Rektor UNY Tentang Peraturan Akademik UNY. Diakses dari : blog.uny.ac.id. Pada tanggal 14 Juni 2016, jam 14.50 WIB

Wasty Soemanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel. (1984). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.