Pengaruh Kepribadian Guru Kelompok Mata Pelajaran C3 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Program Keahlilan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta

Fitra Kalih Aswaldi, Prof. Dr. Husaini Usman, M.Pd., M.T.

Abstract


Kepribadian merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dalam mengajar, kepribadian guru yang baik akan berdampak pada prilaku siswa  dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kepribadian guru kelompok mata pelajaran C3 Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB), (2) mendeskripsikan motivasi belajar siswa Program Keahlian TGB, dan (3) mengetahui besarnya pengaruh kepribadian guru C3 terhadap motivasi belajar siswa di Program Keahlian TGB SMK Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto yang dilakukan di SMK Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta pada bulan November-Desember 2016. Data primer dari penelitian ini diperoleh melalui pengisian kuisioner oleh 64 siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan, adapun data sekunder diperoleh melalui wawancara kepada Waka bidang akademik dan Ketua Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan, serta dokementasi sekolah yang dibutuhkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) sebagian besar kepribadian guru masuk dalam kategori kurang dan cukup yaitu sebesar 26%, (2) motivasi belajar siswa masuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 35%, dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok Sleman yang dapat dilihat dari besarnya koefisien korelasi (r) sebesar 0,756 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,571. Artinya, sekitar 57,1% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh kepribadian guru secara positif. Sedangkan 52,9% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

References


Amstrong. Michael dan H.Murlis. 2003. Manajemen Imbalan. Terjemahan Ramelan. Buku 1. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Amstrong, Michael dan H.Murlis. 2003. Manajemen Imbalan. Terjemahan Ramelan. Buku 2. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Dharma, Surya. Juli 2012. PTK Dikmen. Media Informasi dan Komunikasi PTK Pendidikan Menengah. Jakarta. Direktorat Pembinaan PTK Dikmen.

Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

E.Mulyasa. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ernest R Hilgard. 1968. Theories of Learning. New York: Appleton Century Crofts Inc.

Florence, Littaurer. 2006. Personality Plu. Jakarta: PT. Rosdakarya

Hamalik, Oemar. 1982. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Hamalik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Hasan, M. Iqbal. 2012. Pokok-pokok Materi Statistik 2. Jakarta: Bumi Aksara

Hikmat, 2009. Menejemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Koeswara, E. 1991. Teori-teori Kepribadian. Bandung: Eresco

Patty, F. Dkk. 1982. Pengantar Psikologi Umum, Surabaya: Usaha Nasional

Paul, Henry Mussen. 1994. Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Arcan

Permendiknas no. 14 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi Kepribadian Guru

Purwanto, Ngalim. 2000. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwantoro, M. N. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riatmoko, Ferganata Indra. 2014. Sekolah di Sleman diserang Kelompok Pelajar. Tribun Jogja (10 Desember 2014, 19.06).

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Slameto. 1995. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Spencer, M. Lyle and Spencer, M. Signe. 1993. Competence at Work Modelas for Superrior Performance. John Wily & Son, Inc. New York, USA

Stone dan Broke. 1995. Competency ict. Inggris: Brust

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Thoha, Miftah. 1996. Prilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005

Usman, Husaini. 2013. Manajemen Teori, Prakrik, dan Riset Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara

----------. 2014. Pengantar Statistik Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Uzer, Usmar. 2003. Menjadi Guru professional. Bandung : Remaja Rosdakarya

Wahjosumidjo. 1995. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta, Gaung Persada Press

Zwell, Michael. 2000. Creating a Culture of Competence. New York: John Wiley & Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.