Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Bangunan (Polibang) Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan

Rofi Mustaghfiri, Drs. Pusoko Prapto, M.T.

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan Polibang (Monopoli Bangunan) sebagai Media Pembelajaran Konstruksi Bangunan, (2) mengetahui nilai kelayakan Polibang, (3) mengetahui respon/penilaian siswa SMK Bangunan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan oleh ahli materi pada aspek materi sebesar 80% (Layak), aspek bahasa sebesar 80% (Layak) dan aspek pembelajaran sebesar 92% (Sangat  Layak). Penilaian kelayakan oleh ahli media pada aspek bahasa dan tampilan visual sebesar 80% (Layak); serta aspek rekayasa media sebesar 78% (Layak). Penilaian guru Konstruksi Bangunan SMK pada aspek materi sebesar 78% (Layak), aspek bahasa sebesar 80% (Layak), aspek pembelajaran sebesar 87% (Sangat Layak), aspek tampilan visual sebesar 75% (Layak), dan aspek rekayasa media sebesar 80% (Layak). Siswa kelas XII Gambar Bangunan SMK menunjukkan respon positif terhadap media Polibang hal ini dibuktikan dengan data hasil analisis yang diperoleh sebesar 0,82 yang jika dikonversikan menurut Sukardjo termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.

References


Andriawan, Aan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Konstruksi Batu Kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar. (1977). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.

Heinich, Robert. el. al. (1998). Instructional Technology and Media For Learning. Ohio : Prentice Hall.

Hieryco, Manalip, dkk. (2011). Buku Saku Petunjuk Kerja Ramah Lingkungan Untuk Tukang Bangunan. Jakarta: Gapeksindo

Santyasa, I Wayan. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Jurnal Workshop Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan Pada Tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung. Hlm. 4-6.

Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Putriani, Diah. (2014). Pengembangan Akuntapoli (Akuntansi Monopoli) Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Untuk Siswa Kelas X Akuntansi SMK. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadiman, Arif, dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arif. et. al (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sanaky, Hujair AH. (2011). Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta : PT Kaukaba Dipantara.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Slameto. (2003). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rhineka cipta.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. (2002). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatan). Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Sugiyanto. (2008). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Sugiyono. (2005). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

(2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

(2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

(2011). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

(2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

(2013). Metode Penelitian Pendidikan Cetakan ke-16. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Surya, Moh. (1981). Pengantar Psikologi Pendidikan. Bandung : FIP Ikip Bandung.

Udin S Winataputra. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.