Pengembangan Pembelajaran Melalui Software Perencanaan Struktur Pelat Beton Bertulang di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY

Fitria Afriani Maulida, Ir. Joko Sumiyanto, MT.

Abstract


Penelitian ini dirancang untuk mengetahui bagaimana proses mengembangkan pembelajaran melalui software struktur pelat beton bertulang serta mengetahui bagaimana tingkat kelayakan software struktur pelat beton bertulang sebagai media pembelajaran mandiri. Metode yang digunakan yaitu penelitian Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Ada lima tahapan dalam model pengembangan ini, diantarannya: 1) Analysis, 2) Design (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Pada tahap Implementation, media diuji coba melalui dua tahap, yaitu uji coba pada skala terbatas sebanyak 5 (lima) mahasiswa dan uji coba pada skala kecil sebanyak 30 (tiga puluh) mahasiswa. Uji coba dilakukan menggunakan angket dan dianalisis dengan berdasarkan skala linkert. Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa software pembelajaran mandiri pada topik struktur pelat beton bertulang yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE serta dariĀ  penilaian tenaga ahli dan mahasiswa dinyatakan bahwa software sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan sebesar 81,35%.

References


Agus Sujanto. (2000). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru

Anonim. (2002). Tata Cara Perencanaan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung SNI 03-2847-2002. Badan Standarisasi Nasional: Indonesia

Anyntya Finanty S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Perencanaan Struktur Balok Beton Bertulang di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY Mengunakan Software Visual Basic. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arief S Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ariyanto, Dian. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Mixer dengan Adobe Flash CS3 Professional untuk SMK Kelas XI. Yogyakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Azhar Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Borg, W.R., & Gall, M. D. (1983). Education Research An Introduction. 4th Ed. USA: Longman Inc.

Dipohusodo, Istimawan. (1994). Struktur Beton Bertulang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik Oemar. (1985). Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.

Latuheru, J D. (1998). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud.

Nadiatus Sobrina (2013). Pemrograman Komputer Untuk Struktur Pelat Beton Bertulang Berdasarkan SNI 03-2847-2002 Dengan Visual Basic. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nana Sudjana. (1987). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nana Sudjana dan Rifai, Ahmad. (2003). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nawy, Edward G. (1990). Beton Bertulang Suatu Pendekatan Dasar. Bandung: PT Eresco.

Oemar Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slamet Widodo (2008). Handout Struktur Beton I. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyu Budhi Utomo (2014). Pengembangan Software Pembelajaran Mandiri pada Topik Struktur Komposit di jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yamin, Martinus. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Saruan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.