Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Nurturen Efek Sikap Spiritual dan Sosial Siswa Smk Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Kelompok Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian (C2) Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Ayu Andira Bulan, Dr. Amat Jaedun, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini mempunyai tiga tujuan, yaitu untuk mengetahui: (1) kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); (2) kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran saintifik (3) kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian untuk mengembangkan sikap spiritual dan sosial. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian  deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru-guru di SMKN Paket Keahlian TGB kelompok mata C2 di DIY. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, kemampuan guru SMKN Paket Keahlian TGB kelompok mata pelajaran C2 se DIY dalam menyusun RPP secara kuantitatif ada pada kategori “memadai”, namun secara analisis kualitatif masih dalam kategori “cukup memadai”. Kedua, kemampuan guru SMKN Paket Keahlian TGB kelompok mata pelajaran C2 se DIY dalam melaksanakan  pembelajaran saintifik (5M)  secara kuantitatif ada pada kategori “memadai”, namun secara analisis kualitatif juga  masih dalam kategori “cukup memadai”. Ketiga, penilaian sikap yang digunakan guru dalam pembelajaran saintifik pada Paket Keahlian TGB kelompok mata pelajaran C2 se DIY masih termasuk kategori “cukup memadai”, karena hanya menggunakan penilaian oleh guru, dan tidak menggunakan penilaian diri sendiri dan sesama teman.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hakim, Zainal. (2012). Pengertian Belajar dan Sumber Belajar. Diakses dari http://www.zainalhakim.web.id/pengertian-belajar dan-sumberbelajar.html. Pada tanggal 13 Oktober 2016, Jam 14.30 WIB.

Jaedun, Ahmad. (2014). Kesiapan Guru Program Keahlian Teknik Bangunan dalam mengimplementasi Kurikulum 2013 di Daerah Ostimewa Yogyakarta. Laporan Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 103 Tahun 2014, tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 66 Tahun 2013, tentang Standar Penilaian Pendidikan

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Peraturan Menteri Pendiidkan Nasional (Permendiknas) No 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2006). Peraturan Menteri Pendiidkan Nasional (Permendiknas) No 23 tahun 2006, tentang standar kompetensi lulusan satuan pendidikan (SKL SP) Sekolah Menengah Kujuruan.

Majid Abdul & Rochman Chaerul. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marwanto, Arif. (2008). Kesesuaian Pola Mengajar Guru SMK di DIY dengan Tuntutan Pembelajaran dalam Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jurnal Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (Volume 17 Nomor 1 Tahun 2009). Hlm. 24-38.

Muchoyar, Imam. (2014). Kesiapan Guru Bidang Keahlian Teknik Bangunan Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Smk Negeri di DIY. Laporan Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penellitian. Bandung: Alfabeta.

Sutarto. (2015). Kemampuan Guru SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Laporan Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.