Evaluasi Kinerja Guru Mata Pelajaran Teknik Gambar Bangunan Bersertifikat Pendidik di SMK Negeri 3 Yogyakarta Berdasarkan Persepsi Siswa

Julian Rachmawan Hidayat, Drs. Darmono, M.T

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kinerja guru mata pelajaran Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta dalam merencanakan pembelajaran, (2) Kinerja guru mata pelajaran Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta dalam penguasaan metodologi pembelajaran, (3) Kinerja guru mata pelajaran Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta dalam penguasaan materi pelajaran, (4) Kinerja guru mata pelajaran Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta dalam pemahaman karakteristik siswa, (5) Kinerja guru mata pelajaran Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta dalam penilaian pembelajaran.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi. Subjek dalam penelitian adalah guru mata pelajaran Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Data diambil dengan metode kuesioner (angket). Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgment. Analisis data menggunakan skala presentase dari hasil penelitian yang selanjutnya diinterprestasikan sesuai dengan kriteria. Pengujian dilakukan dengan bantuan program computer SPSS v.19 for Windows.

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kinerja guru dalam aspek merencanakan pembelajaran masuk dalam kategori cukup dengan rerata (mean) 3.41, (2) Kinerja guru dalam aspek penguasaan metodologi pembelajaran masuk dalam kategori baik dengan rerata (mean) 3.79, (3) Kinerja guru dalam aspek penguasaan materi pelajaran masuk dalam kategori cukup dengan rerata (mean) 2.99, (4) Kinerja guru dalam aspek pemahaman karakteristik siswa masuk dalam kategori baik dengan rerata (mean) 3.79, (5) Kinerja guru dalam aspek penilaian pembelajaran masuk dalam kategori cukup dengan rerata (mean) 3.49.

Full Text:

PDF

References


AA. Anwar Prabu Mangkunegara, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Aditya, D.A. (2016). “Kesiapan Guru SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Pada Kelompok Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian”. Skripsi. Yogyakarta: PTSP-UNY.

Burden, P.R & Byrd, D.M. (1999). Method for effective teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Cizek, B.J. (2000). Pockets of resistance ini the assessment revolution, Educational Measurement Issues and Practice Journal. Summer 2000. vol. 19, number 2.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1996). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Djemari Mardapi. (2011). Pengembangan instrumen dan Kisi-kisinya. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Djohar. 2006. Pengembangan Pendidikan Nasional Menyongsong Masa Depan. Yogyakarta; Grafika Indah.

E. Mulyasa. (2005). Menjadi guru profesional: menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Edy Suhartoyo. (2005). Pengalaman peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan budaya sekolah di SMAN 1 Kasihan Bantul. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Sekolah, tanggal 23 November 2005 di Universitas Negeri Yogyakarta.

Kunandar. 2007. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nana Sudjana. (2002). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oriondo, L. L. & Antonio, E. M.D. (1998). Evaluating educational outcomes (Test, measurment and evaluation). Florentino St: Rex Printing Company, Inc.

Sekretariat Negara, Peraturan Nomor 40 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan Melalui Jalur Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sekretariat Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan melalui Penilaian Portofolio. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sekretariat Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sekretariat Negara, Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sekretariat Negara, Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara.

Stark, J.S. & Thomas, A. (1994). Assessment and program evaluation. Needham Heights: Simon & Schuster Custom Publishing.

Stark, J.S. & Thomas, A. (2004). Assessment and program evaluation. Needham Heights: Simon & Schuster Custom Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.