Pengaruh keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dan belajar kelompok terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI Jurusan Teknik gambar Bangunan SMK N 2 Depok

Arya Setyawan, Drs. Suparman, M.Pd.

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk mendeskripsikan: (1) tingkat keaktifan kegiatan ekstrakurikuler pada siswa kelas XI jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok, (2) tingkat keaktifan kegiatan belajar kelompok, (3) tingkat prestasi belajar. (4) pengaruh keaktifan kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar, (5) pengaruh belajar kelompok terhadap prestasi belajar, (6) pengaruh keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dan belajar kelompok secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok.

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Variabel bebas adalah keaktifan kegiatan ekstrakurikuler (X1) dan belajar kelompok (X2) serta variabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y). Populasi penelitian merupakan siswa kelas XI jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok sebanyak 68 siswa. Sampel berjumlah 57 siswa ditentukan dengan tabel Issac dan Michael. Instrumen penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keaktifan kegiatan ekstrakurikuler pada siswa kelas XI  jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok kategori tinggi dengan modus 52,63%. (2) keaktifan kegiatan belajar kelompok pada siswa kelas XI  jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok kategori tinggi dengan modus 43,86%. (3) prestasi belajar pada siswa kelas XI  jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok telah tuntas (memenuhi nilai KKM) sebesar 100%. (4) keaktifan kegiatan ekstrakurikuler tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok dengan p=0,498<0,05, (5) kegiatan belajar kelompok memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok dengan p=0,00<0,05, (6) keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dan belajar kelompok secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok dengan nilai p=0,00<0,05. Sumbangan keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dan belajar kelompok secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok sebesar 60%, sedang sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Full Text:

PDF

References


Danang Sunyoto. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books.

Djemari Mardapi (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendika.

Husaini Usman, Setiady Purnomo. (2009). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.