Profil Kompetensi Sosial Calon Guru Menurut Penilaian Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Wonosari

Mahda Rista Octania, Prof. Slamet P.H., M.A., M.Ed, M.A, MLHR

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi profil kompetensi sosial calon guru Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menurut penilaian siswa SMKN 2 Wonosari. Populasi penelitian ini adalah siswa yang diampu oleh mahasiswa PPL FT UNY di SMK N 2 Wonosari Kabupaten Gunung Kidul. Jenis penelitian adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan teknik survey berupa angket tertutup. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan tabel Isaac & Michael dengan mengambil tingkat kesalahan ∝ sebesar 5%, diperoleh jumlah sampel sebanyak 244 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi sosial calon guru di dalam kelas berdasarkan rerata skor (mean) berkategori baik (78,1); (2) kompetensi sosial calon guru di luar kelas berdasarkan rerata skor (mean) berkategori baik (75,7).

Full Text:

PDF

References


Ajisuksmo, Clara R.P. dan Leoni Francisca. (2015). Keterkaitan Antara Moral Knowing, Moral Feeling, dan Moral Behavior Pada Empat Kompetensi Dasar Guru. Jurnal Kependidikan. Yogyakarta: Universitas Katolik Atma Jaya. Vol 45. No 2.

Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian: Suatu Pendeketan Praktis.

Jakarta : Bumi Aksara.

------------. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi IV). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bagian Perencanaan UNY. (2012). Membangun Insan Berkarakter dan Bermartabat. Dies Natalis UNY Ke-48 Tahun 2012

Castorina, Antonio Jose & Gil Anton (1999, March). The Social Knowledge Psychogenesis and Social Representation. Journal Prospects. International Bureou of Education. Vol XXIX. No 1.

Depdiknas. 2006. Undang Undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Cetakan Pertama Januari 2006. Jakarta: BP. Karya Mandiri.

------------. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

F. X. Sudarsono. (1988). Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.

Ghazali Bagus Ani Putra. (2014). Membangun Peradaban Bangsa dengan Pendidikan Berkarakter Moral. Internet: http://www.pendidikankarakter.com/wajah-sistem pendidikan- di-indonesia/

Goh, S.C. (2009). Introducing a model of interpersonal teacher behaviour. Teaching and Learning. Vol. 15. No. 1. Hlm. 30-40. Internet: http://repository.nie.edu.sg/jspui/bitstream/10497/442/1/TL-15-1-30.pdf.

Gullota, T.P., Adams, G.R., & Montemayor, R. (Eds). (Series Volume 3).(1990). Developing social competency in adolescence. California: Sage Publications, Inc.

Insanistyo, Bayu dan Dian Pujianto. (2014). Pemetaan Profil dan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Tingkat Sekolah Dasar di Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Bengkulu: Universitas Bengkulu. Vol 10. No 1.

Junianto, Dwi. (2015). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Keterlibatan Orang Tua, Aktualisasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY. Vol 22. No 3.

Kartowagiran, Badrun dan Ratih Widya Nurcahyo. (2015). Praktik Pengalaman Lapangan Dampaknya Terhadap Kompetensi Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi. Yogyakarta: UNY. Vol 5. No 2.

Lukman Ali, dkk. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mudlofir, Ali. (2012). Pendidik profesional. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mukminan. (2003). Pengembangan Silabus Matakuliah Pengajaran Mikro dan PPL Berdasar KBK. Makalah Seminar dan Lokakarya. Diselenggarakan oleh UNY Dalam Rangka Dies Natalis UNY.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008, Tentang Guru.

Purwanto, Ngalim. (1994). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, cetakan ke VI. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Setiyati, Sri. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY. Vol 22. No 2.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2002). Buku Pegangan Kuliah Menajemen Kurikulum. Yogyakarta: Jurusan Administrasi Pendidikan.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa beta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suparman. (2003). Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri Kelompok Teknologi

dan Industri di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tesis. PPs – UNY.

Suparman, A.Manap, M.Yamin (2014) Profil Kompetensi Sosial Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Calon Guru. Laporan Penelitian: LPPM UNY.

Suranto AW. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sutrisno Hadi. (1993). Metodologi Research untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis dan Desertasi Jilid 1. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM.

Suwandi. (2016). Analisis Studi Kebijakan Pengelolaan Guru SMK dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY. Vol 23 No 1.

Suyanto. (2007). Tantangan profesional guru di era global. Pidato Dies Natalis ke-43 Universitas Negeri Yogyakarta.

Universitas Negeri Yogyakarta.(2014).Panduan pengajaran mikro, Yogyakarta: Unit Program Pengalaman Lapangan.

Wubbels, Theo, & Brekelmans, Mieke. (2005). Two Decades of Research on Teacher-Student Relationship in Class. International Journal of Educational Research. Vol. 43. Hlm. 6-24. Internet: http://igitur-archive.library.uu.nl/ivlos/2007-0120-200153/brekelmans%20%2 0 two%20 decades %20of%20research.pdf. tanggal 2 September 2016, pukul 21:12 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.