Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Windows Movie Maker Pada Mata Pelajaran Ilmu Ukur Tanah Materi Poligon Tertutup Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Pajangan

Ekna Kholifatunnisa, Drs. Sumarjo H, M.T.

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran Ilmu Ukur tanah materi Poligon Tertutup, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, (3) mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi Poligon Tertutup dan (4)  mengetahui apakah produk yang dihasilkan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (four D) yang meliputi empat tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan lembar latihan. Angket digunakan pada validasi ahli dan penilaian minat belajar siswa, sedangkan lembar latihan digunakan pada penilaian hasil belajar siswa.

Hasil pengembangan media pembelajaran diketahui bahwa: (1) produk media yang dikembangkan berupa file video pembelajaran Ilmu Ukur Tanah. (2) kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar (48) termasuk kriteria “layak” untuk digunakan, sedangkan berdasarkan validasi ahli media sebesar (50) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan. (3) hasil belajar siswa pada tahap ujicoba sebesar (75%) termasuk kriteria “tinggi”, hasil belajar siswa pada tahap sebelum menggunakan media sebesar (71,429%) untuk kelas X TGB A dan (70%) untuk kelas X TGB B termasuk kriteria “sedang”, dan hasil belajar siswa pada tahap setelah menggunakan media sebesar (80,952%) untuk kelas X TGB A dan (80%) untuk kelas X TGB B termasuk kriteria “tinggi”. (4) kecenderungan minat siswa setelah menggunakan media meningkat. (5) Tanggapan pendidik dan peserta didik terhadap produk media yang dihasilkan positif, koordinasi dengan pihak sekolah lebih ditingkatkan untuk menghadapi hambatan yang muncul dalam penggunaan produk.

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifudin. (2007). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Media Pembelajaran dan Sumber Belajar. Materi Diklat Calon Pengawas Sekolah/Pengawas Sekolah. Jakarta: Pusat Peningkatan Mutu Depdiknas.

Sudjana, Nana dan Ahmad R. (2002). Teknologi Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan. (1974). Metode Penelitian 4D. PDF File. Diakses pada tanggal 10 Juni 2016 jam 12.45 WIB.

Triyanto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.