Kompetensi Sosial Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Tahun 2016/2017

Yuristika Norma Sakti, Drs. Suparman, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkapkan seberapa besar tingkatan kompetensi sosial mahasiswa FT UNY yang melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMKN 2 Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dari berbagai program dan bidang keahlian dari angkatan tahun I sampai tahun III yang diampu mahasiswa PPL sebanyak 853 siswa. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan yabel Issac dan Michael dengan mengambil tingkat kesalahan α sebesar 5%. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 251 siswa terdiri atas kelas X = 104 siswa, kelas XI = 104 siswa dan kelas XII = 43 Analisis data mengggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sosial mahasiswa FT UNY yang PPL di SMKN 2 Depok baik dengan rerata skor 71,25;aspek mengajar dikelas baik dengan rerata skor sebesar 70,99 dan aspek diluar kelas baik dengan rerata skor 71,69.

Full Text:

PDF

References


Hurlock, Elizabeth B. (1992). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Airlangga.

Husaini Usman, Setiady Purnomo. (2009). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara

Rakhmad Sudrajat. (2007). Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah. Diakses dari http//:www.akhmadsudrajat.wordpress.com/. tanggal 20 Juli 2016 pukul 21.12 WIB

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:CV Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman dkk. (2014). Profil Kompetensi Sosial Mahasiswa Calon Guru Universitas Negeri Yogyakarta. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

UNY. (2014). Panduan Pengajaran Mikro. Yogyakarta: UPPL UNY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.