Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Kelas XI Teknik Sipil Di SMK N 2 Wonosari

Septi Nurina Ayuningtyas, Drs. H. Lutjito, MT.

Abstract


Seorang guru yang baik adalah guru yang mampu mewujudkan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan membuat peserta didik merasa nyaman menuntut ilmu bersama gurunya. Guru benar-benar dituntut untuk memiliki kinerja yang tinggi. Dengan kinerja tinggi maka tingkat sumber daya manusia di Indonesia akan mulai sedikit demi sedikit meningkat terutama pada generasi muda Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan 1) Persepsi siswa terhadap kinerja guru SMK N 2 Wonosari; 2) Perbedaan persepsi siswa terhadap kinerja guru kelas XI Teknik Sipil SMK N 2 Wonosari menurut jenis kelamin siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Wonosari pada bulan Maret 2013. Populasi penelitian adalah siswa SMK 2 Wonosari terdiri dari Kelas XI Teknik Sipil berjumlah 31 siswa (Rombongan Belajar 1 dan 2). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik total sampling artinya bahwa semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket. Lembar Angket, digunakan untuk mengungkap kinerja guru yang meliputi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial serta pertanyaan tentang jenis kelamin siswa. Analisis data dilakukan bersumber dari perhitungan nilai rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 55,1% siswa menilai kompetensi pedagogik yang dimiliki guru tergolong dalam kategori tinggi, 53,5% siswa menilai kompetensi profesional yang dimiliki guru tergolong dalam kategori sedang, 66,1% siswa menilai kompetensi kepribadian yang dimiliki guru tergolong dalam kategori tinggi, 53,5% siswa menilai kompetensi sosial yang dimiliki guru tergolong dalam kategori tinggi dan tidak ada perbedaan persepsi siswa terhadap kinerja guru ditinjau dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial jika ditinjau dari perbedaan jenis kelamin siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Atmaja, Lukas Setiatmaja. 1997. Memahami Statistika Bisnis, Buku 2, Penerbit Andy Offset, Yogyakarta.

Azwar, S. 2002. Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta : Pustaka pelajar Firdausi, Arif & Bardawi. (2012). Profil Guru SMK Profesional.

Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Hadi, S. 2000. Panduan Manual Program Statistik (SPS) 2000. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Hair Jr., J.F. R.E. Anderson, R.L, Tatham, and W.C. Black., (1998), Multivariate Data Analysis: With Readings, 5 th ed, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Janawi. (2011). Kompetensi Guru. Bandung: Alfabeta

Jarini. (2009). Persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran di SMK Muhamadiyah 3 Yogyakarta tahun 2008. Yogyakarta. Skripsi

Kementerian Pendidikan Nasional UNY.(2011). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Yogyakarta: UNY PRESS.

Keitner, R., dan Kenicki, A., (2007), Perilaku Organisasi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi-Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Mar’at. 1991. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya.Jakarta: Ghalia Indonesia

Martinis Yamin dan Maisah.(2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta:Gaung Persada Press Jakarta

Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.