Pengaruh Tutorial Dalam Pembelajaran Gambar Bangunan Di SMK N 3 Yogyakarta

Irwansyah Irwansyah, Drs. Agus Santoso, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran tutorial pada mata pelajaran Gambar Teknik Dasar kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta.  

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa  kelas XGB2 sebagai kelas kontrol dan XGB3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa tiap kelas 36 siswa. Penelitian dilaksanakan sebanyak 5 kali post-test setiap kelas. Untuk analisis hasil menggunakan uji normalitas data menggunakan analisi K-S, uji homogenitas data menggunakan uji Levene serta uji beda hasil eksperimen dan kontrol menggunakan uji Mann Whitney.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran tutorial terbukti memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan hasil sebagai berikut : (1) nilai rerata yang diperoleh siswa menggunakan metode pembelajaran non-tutorial dengan basis nilai pada post-test 1 69,22 dan post-test 5 73,00 dengan peningkatan 3,78 atau 5,46% dan nilai rerata hasil belajar menggunakan metode pembelajaran tutorial dengan basis nilai pada post-test 1 73,36 dan post-test 5 81,53 dengan peningkatan 8,17 atau 11,14%, (2) hasil perbandingan nilai rerata metode pembelajaran non-tutorial dengan basis nilai pada post-test 5 73,00 dan metode tutorial dengan basis nilai pada post-test 5 81,53 dengan peningkatan 8,53 atau 11,68%, (3) terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran tutorial dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran non-tutorial pada mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Deni Setiawan. (2006). Penanganan Belajar Siswa. www.sd-binatalenta.com/images.

Husaini Usman, dkk. (1995). Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara.

Mulyono Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksra.

Stanislaus S. Uyanto. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Universitas Negeri Yogyakarta. (2011). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Yogyakarta : UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.