Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di SMK N 1 Seyegan

Ahmad Fahrurrozi Aziz, Drs. Suparman, M.Pd.

Abstract


Pengembangan media dalam penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran sebagai media pembelajaran mata pelajaran mekanika teknik pada materi analisi kontruksi rangka batang; (2) mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS5; (3) meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS5.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research & Development). Penelitian menggunakan model penelitian ADDIE, yaitu dengan tahapan: (1) analisis (Analysis); (2) perancangan (Design); (3) pengembangan (Development); (4) penerapan (Implementation); (5) evaluasi (Evaluation). Media pembelajaran divalidasi oleh ahli materi dan ahli media untuk mendapatkan kelayakan ujicoba. Tahapan berikutnya melakukan penilaian kualitas media pembelajaran oleh guru mata pelajaran mekanika teknik  untuk kemudian diujicobakan. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas X TGB2 SMK N 1 Seyegan yang berjumlah 25 siswa dan dilakukan evaluasi untuk mengetahui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) telah dihasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS5 pada mata pelajaran mekanika teknik dengan penilaian dari beberapa ahli yaitu: (a) ahli materi memberikan penilaian baik (68,18%); (b) ahli media memberikan penilaian baik (65%); (c) guru mata pelajaran memberikan nilai sangat baik (86,84%); (2) implementasi media pembelajaran terhadap siswa mendapatkan respon baik dengan skor 78,4% masuk kategori baik; (3) media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik terutama materi analisis kontruksi rangka batang dengan didukung penilaian angket minat siswa memperoleh persentase 80% termasuk dalam kategori baik.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan. (Cetakan ke-7). Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

John M.Echols & Hassan Shadily.(1996). Kamus Ingris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Mulyatiningsih, Endang. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.Bandung: Alfabet.

Muhibbin Syah. (2010).Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung:Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2009). Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief S. dkk.(2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih.(2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Sumarna, Nana.(1984). Psikologi Perkembangan dan Psikologi Pendidikan. Bandung: Depdikbud Dirjen Dikdasmen

Suparman. (1990). Bahan Kuliah Mekanika Teknik II. Yogyakarta

Surjono, Herman Dwi. (1995). Pengembangan computer assisted instruction (CAI) untuk pembelajaran elektronika [Versi elektronik]. Jurnal Kependidikan. No.2 (XXV): 95-106


Refbacks

  • There are currently no refbacks.