Model Pembelajaran Pada Lembaga Pelatihan Kerja Di Yogyakarta (Studi Kasus Model Pembelajaran Di Lembaga Pelatihan Kerja Miami Fleet Yogyakarta)

Irwani Ninik Wijaya, Drs. H. Suyitno HP, S.T, M.T.

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) hasil pelatihan dengan model pembelajaran yang diterapkan; (2) kualitas input pelatihan yang dihasilkan (3) pengaruh input pelatihan terhadap hasil pelatihan peserta didik; (4) pengaruh proses pembelajaran terhadap hasil pelatihan peserta didik; (5) pengaruh input pelatihan dan proses pembelajaran terhadap hasil pelatihan peserta didik; (6) model pembalajaran yang digunakan untuk menghasilkan calon Tenaga Kerja (TK) Profesional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil pelatihan di Miami Fleet Yogyakarta adalah 34 peserta didik tuntas (77,27%) dan 10 peserta didik belum tuntas (22,73%); (2) kualitas input pelatihan yang dihasilkan sebesar 124,68 termasuk kategori sangat baik; (3) terdapat pengaruh positif input pelatihan terhadap hasil pelatihan peserta didik; (4) terdapat pengaruh positif proses pembelajaran terhadap hasil pelatihan peserta didik; (5) terdapat pengaruh yang positif input pelatihan dan proses pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil pelatihan peserta didik; (6) model pembelajaran yang digunakan Miami Fleet Yogyakarta adalah model pembelajaran Accelerated Learning.

Full Text:

PDF

References


Danang Sunyoto. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books.

Djemari Mardapi (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendika.

Husaini Usman, Setiady Purnomo. (2009). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.