Kontribusi Internet dan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Paket Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih Tahun Ajaran 2016/2017

Muhammad Firdaus Barqireza, Pramudiyanto Pramudiyanto, S.Pd.T., M.Eng

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) gambaran motivasi belajar siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Konstruksi Kayu (TKKy) SMK Negeri 2 Pengasih; (2) gambaran pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh siswa kelas XII TKKy SMK Negeri 2 Pengasih; (3) gambaran pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar oleh siswa kelas XII TKKy SMK Negeri 2 Pengasih; (4) besarnya kontribusi internet sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XII TKKy SMK Negeri 2 Pengasih; (5) besarnya kontribusi perpustakaan sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XII TKKy SMK Negeri 2 Pengasih; (6) besarnya kontribusi internet sebagai sumber belajar dan perpustakaan sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XII TKKy SMK Negeri 2 Pengasih.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian ex post facto. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas (X) yaitu internet sebagai sumber belajar (X1), perpustakaan sebagai sumber belajar (X2) dan satu variabel terikat (Y) yaitu motivasi belajar siswa. Sampel penelitian sebanyak 28 siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel ditentukan dnegan teknik random sampling. Uji validitas instrumen menggunakan validitas logis dan validitas empiris, uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha, uji normalitas menggunakan metode one sample kolmogorov-smimov, uji hipotesis menggunakan regresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa kelas XII TKKy SMK Negeri 2 Pengasih termasuk dalam kategori rendah dengan nilai modus sebesar 44 atau 57,14%; (2) pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh siswa kelas XII TKKy SMK Negeri 2 Pengasih termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan dengan nilai modus sebesar 48 atau 39,29%; (3) pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar oleh siswa kelas XII TKKy SMK Negeri 2 Pengasih termasuk dalam kategori rendah dengan dengan nilai modus sebesar 24 atau 50,00%; (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara internet sebagai sumber belajar dengan motivasi belajar siswa sebesar 22,80%(p<0,05); (5) terdapat kontribusi yang signifikan antara perpustakaan sebagai sumber belajar dengan motivasi belajar siswa sebesar 50,00%(p<0,05); (6) internet sebagai sumber belajar dan perpustakaan sebagai sumber belajar secara bersama-sama memiliki kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 72,80% (p<0,05).

Full Text:

PDF

References


Afifah Luthfani. (2014). Pemanfaatan Perpustakaan dan Bimbingan Orang Tua sebagai Faktor yang Berpengaruh terhadap Motivasi Belajar IPS (Studi Kasus Pada Siswa yang Belajar IPS dan Aktif ke Perpustakaan di SMP Negeri 2 Mertoyudan). Skripsi: UNY.

Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Siti Dwi Utami. (2013). Hubungan Penggunaan Internet sebagai Sumber Belajar dengan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Food & Baverage Product pada Siswa SMK Swasta Pariwisata Program Keahlian Akomodasi Perhotelan di Kabupaten Sleman. Skripsi: UNY.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.