Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Pada Materi Plumbing Untuk Kelas X Di SMK Negeri 3 Yogyakarta

Novia Intan Hikmawati, Drs. H. Lutjito

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran praktik kerja plumbing di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran kPontruksi bangunan dengan materi praktik kerja plumbing di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4D (four-D). Penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu (1) pendefinisian (define) tujuannya untuk mengetahui kebutuhan awal dalam mengembangkan media seperti, tujuan pembelajaran dan kompetensi yang dicapai. (2) Perancangan (design) merupakan tahapan pembuatan storyboard, desain layout, dan penyusunan soal. (3) Pengembangan (develop), pengujian produk media yang divalidasi oleh 2 ahli materi dan 1 ahli media. (4) Penyebaran (disseminate) adalah tahap terakhir dari 4D yakni, penyebaran media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil validasi media pembelajaran adalah: (1) Ahli materi menilai sangat layak dengan presentase sebesar (92,3 %). (2) Ahli media menilai sangat layak dengan presentase sebesar (83 %). Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran praktik kerja plumbing di SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dwi Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Farchan Riyadi. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, FT UNY.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lutfianta, Ahmad. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Dan Menggambar I. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

MADCOMS. (2007). Mahir dalam 7 Hari Flash Pro 8. Madiun: Andi Offset.

Mubarok, Fajar. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application Menggunakan App Inventor pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik untuk Siswa Kelas X Studi Keahlian TGB SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algresindo.

Noerherlambang, Soufyan. (1999). Perancangan Dan Pemeliharaan Sistem Plambing. Bandung; PT Pradnya Paramita.

Poerbo, Hartono. (2010). Utilitas Bangunan; Buku Pintar Untuk Mahasiswa Arsitektur-Sipil. Jakarta: Penerbit Djembatan.

Republik Indonesia. 1990. Peraturan Pemerintah Nomor 29 tentang Sekolah Menengah. [pdf], (http://peraturan.go.id/pp/nomor-29-tahun-1990 11e44c4eec9e8f40a530313231373338, diakses tanggal 5 Februari 2016).

Republik Indonesia. 2003. Undang-undang No. 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional, [pdf], (http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/02/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-Sisdiknas.pdf, diakses tanggal 5 Februari 2016).

Sadiman, Arief et al. (2012). Media pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan; Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujatmiko, Ant Eko. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK N 3 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: FT UNY.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakara: Pedagogia.

Sumardjito. (2014). Pokok-Pokok Materi Mata Kuliah Utilitas. Modul Kuliah S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Surakhmad, Winanrno. (1994). Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar; Dasar dan Teknik Metodologi Pendidikan. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sunaryo. (1985). Plambing 1. Semarang: Penerbit IKIP Semarang Press.

Suwarna. (2006). Pengajaran Mikro; Pendekatan Praktis Dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta. Tiara Wacana.

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Minnesotta: U.S. Office of Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.