Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Di SMK N 2 Klaten

Wahyu Eko Martanto, Drs. Agus Santoso, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi siswa terhadap implementasi persiapan dan perencanaan pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten, (2) persepsi siswa terhadap implementasi pelaksanaan proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten, (3) persepsi siswa terhadap implementasi penilaian pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Klaten, (4) implementasi pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Klaten.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survai dengan metode penelitian deskriptif yang dilakukan di SMK N 2 Klaten pada bulan Januari sampai Februari 2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X mata pelajaran Ilmu Bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Klaten berjumlah 62 siswa. Penentuan besar jumlah sampel menggunakan rumus dari Issac dan Michael, didapat sampel sejumlah 54 siswa. Jumlah sampel setiap kelas diambil secara proportional dan random terhadap populasi yang bersangkutan. Metode pengumpulan data menggunakan angket bersifat tertutup, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas konstruk instrumen dengan expert judgement dan pengujian validitas instrumen dengan uji korelasi antar item. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data deskriptif kuantitatif dengan bantuan program SPSS v.16.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa terhadap implementasi persiapan dan perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Bangunan berada dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 35,24 (67,76%). (2) persepsi siswa terhadap implementasi pelaksanaan proses pembelajaran pada kategori baik dengan rerata skor sebesar 44,9 (70,15%). (3) persepsi siswa terhadap implementasi penilaian pembelajaran pada kategori baik dengan rerata skor sebesar 21,57 (67,40%). (4) rekapitulasi implementasi pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten berada dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 101,71 (68,72%).


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anas Sudijono. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Implementasi. Diakses dari http://www.kbbi.web.id. Pada tanggal 20 Februari 2016, jam 22:35

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22. (2006). Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41. (2007). Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70. (2013). Tentang kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/MAK

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A. (2013). Tentang Implementasi Kurikulum

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19. (2005). Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32. (2013). Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Riduwan dan Akdon. (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistik. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixeed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Supiana. (2010). Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri Kota Yogyakarta. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arsyad Azis (2013:56). Kualitas Proses Belajar Mengajar Bidang Keahlian Teknik Bangunan di SMK N 1 Sayegan Pasca Sertifikasi Guru. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Syahidul Darojat (2013:81). Pengaruh Kualitas Pembelajaran Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryosubroto. (2009).Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional..

Yatim Riyanto. (2006). Metodologi penelitian pendidikan. Surabaya: SIC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.