Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic pada Mata Pelajaran Ilmu Ukur Tanah Kelas XI SMK Negeri Pajangan

Mifthah Reino Ananta, Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis software Visual Basic pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah sesuai materi pengukuran pekerjaan konstruksi. Hal tersebut dilatarbelakangi adanya perkembangan IPTEK yang sangat pesat pada era Globalisasi ini. Oleh karena itu, perlu adanya suatu media pembelajaran dalam bentuk digital guna memudahkan pembelajaran yang ada. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMK Negeri 1 Pajangan serta Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan dengan menggunakan metode 4D (four-D). Penelitian ini pada dasarnya dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu proses pendefinisan (define), proses perancangan (design), proses pengembangan (develop), dan proses penyebaran (disseminate). Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media pembelajaran yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran terkait. Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berupa aplikasi berbasis Visual Basic dalam bentuk program windows. Media tersebut berisi enam komponen utama, yaitu halaman utama; pemilihan menu; pemilihan langkah dan gambar kerja; langkah kerja; kalkulator sudut; dan halaman kredit. Penilaian oleh dosen ahli materi mendapatkan predikat “layak” dan ahli media mendapatkan predikat “sangat layak”. Penilaian oleh guru pembimbing mendapatkan predikat “sangat layak”.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press

Azwar, Syaifuddin. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Basuki, Achmad. (2006). Pengolahan Citra Digital Menggunakan Visual Basic. Yogyakarta: Graha Ilmu Yogyakarta

Basuki, Slamet. (2014). Ilmu Ukur Tanah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Cepi, Riyana. (2009). Modul 6 : Komponen-Komponen Pembelajaran. Jakarta

Cepi, Riyana. & ,Susilana, Rudi. (2009). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan penilaian. Bandung : Wacana Prima.

Fakultas Teknik. (2014). Buku Kurikulum Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Yogyakarta.

Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Munir, Muhammad. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Vol. 22, No. 2 tahun 2014). Hlm. 1.

Mustholiq, Imam., Sukir, & Chandra, Ariadie. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Dasar Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Vol. 16, No. 1 tahun 2007). Hlm. 1.

Mubarok, Fajar. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application Menggunakan App Inventor Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Untuk Siswa Kelas X Studi Keahlian TGB SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Nenggar, Ari Kresna Wisnu. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Simulator PLC OMRON CPM2A Berbasis Komputer Menggunakan Visual Basic Di SMK Negeri SMK Negeri 3 Wonosari. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Elektronika, FT UNY.

Peraturan Nomor 29 Tahun 1990 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990.

Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2001:726

Purwoko, Bambang Setyo Hadi. (2008). Pengembangan Media Mesin CNC Virtual TU-3A Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Pemesinan NC. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Vol. 17, No. 1 tahun 2008). Hlm. 1.

Sadiman, A.S. (2013). Media Pendidikan: Pengeratian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Cv. Rajawali

Seels, B.B. dan Glasgow, Z. (1990). Excercises in Instructional Design. Colombus: Merril Publishing Company

Sinaga, Indra. (1997). Pengukuran dan Pemetaan Pekerjaan Konstruksi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnesotta: U.S. Office of Education

Tunggul, Tri Cipto. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Animasi pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Purworejo. Skripsi S1, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta :2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.