Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Soal Dengan Model Teka-Teki Silang Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta

Muhammad Hasbi Rizqur Rahman, Retna Hidayah, S.T, M.T, P.hD.,

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran khususnya dalam bentuk evaluasi pada mata pelajaran konstruksi bangunan, pada pembahasan tentang kayu. Produk penelitian ini berupa media pembelajaran berbentuk evaluasi dengan pemodelan teka-teki silang yang digunakan pada proses evaluasi terhadap siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian dengan model 4D (four-D). Penelitian ini pada dasarnya dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu proses pendefinisan (define), proses perancangan (design), proses pengembangan (develop), dan proses penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket. Angket digunakan dalam langkah validasi untuk mendapat penilaian dari ahli serta angket siswa digunakan untuk menilai kelayakan media yang dikembangkan. Hasil pengembangan didapat produk media pembelajaran dalam bentuk evaluasi yang dicetak menggunakan kertas HVS 80 gram dengan ukuran A3 dalam satu muka. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat skor 81,33% dan ahli media pembelajaran mendapat skor 85%, maka termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil validasi dari guru pengampu juga termasuk dalam kategori “sangat layak” dengan perolehan skor 86,67% dan 89,23%. Penilaian siswa terhadap kelayakan media dalam bentuk evaluasi dapat dikategorikan “sangat layak” dengan skor 85,69% sehingga media hasil pengembangan layak digunakan sebagai media alternatif khususnya dalam bentuk evaluasi.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Kota Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmelpp, M.I. 1974. Instructional Development For Training Teachers of Expectional Children. Minnesota: U.S. Office of Education.

Undang-undang no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Waluya, Bagja. 2007. Sosiologi: Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung: PT Setia Purna Inves.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.