Peranan Praktik Kerja Industri Dan Bimbingan Karir Tehadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 3 Yogyakarta

Tri Nurhayati, Drs. Agus Santoso, M.Pd.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pelaksanaan Praktik Kerja Industri, pelaksanaan Bimbingan Karir, dan Kesiapan Kerja pada siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) mengetahui peranan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja, (3) mengetahui peranan Bimbingan Karir terhadap Kesiapan Kerja, dan (4) mengetahui peranan Praktik Kerja Industri dan Bimbingan Karir terhadap Kesiapan Kerja. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang telah melaksanakan Praktik Kerja Industri dan menerima Bimbingan Karir sebanyak 92 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sebanyak 74 responden ditentukan dengan tabel Krejcie Morgan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan Prakerin masuk dalam kategori baik dengan mean 75,1486 (76,50%), pelaksanaan Bimbingan Karir masuk dalam kategori efektif dengan mean  46,4865 (67,80%), dan kondisi Kesiapan Kerja masuk dalam kategori siap denganmean 68,7027 (74,50%), (2) Praktik Kerja Industri memiliki peranan yang signifikan terhadap Kesiapan Kerja berdasarkan harga thitung = 4,652> ttabel  1,996 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan besarnya pengaruh sebesar 31,6%, (3) Bimbingan Karir memiliki peranan yang tidak signifikan terhadap Kesiapan Kerja berdasarkan harga thitung = 1,793< ttabel  1,996 dan nilai signifikansi 0,077 > 0,05, dan besarnya pengaruh sebesar 9,4%, dan (4) Praktik Kerja Industri dan Bimbingan Karir memiliki peranan yang signifikan terhadap Kesiapan Kerja berdasarkan harga Fhitung 24,071 > Ftabel 3,976nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan besarnya pengaruh sebesar 41%.

Full Text:

PDF

References


Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Sulaiman, Wahid. (2004). Analisis Regresi Menggunakan SPSS Contoh Kasus dan Penyelesaiannya. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas NegeriYogyakarta.

Sukardi, Dewa Ketut. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Husaini dan Purnomo. (2011). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Sofyan., Rachmach, Lien A., & Kurniawan, Heri. (2010). Regresi dan Korelasi dalam Genggaman Anda. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.