Pengaruh Pembelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) Dengan Pendekatan Kuis Interaktif Berbasis Flash Pada Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Wonosari

Angga Darmawan, Drs. Sumarjo H, MT

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan tutorial Rencana Anggaran Biaya (RAB) berbasis Adobe Flash Player sebagai media pembelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) di SMK Negeri 2 Wonosari.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen (Control Group Pretes Postes Design). Tahap-tahap penelitian ekperimen, yaitu: (1) perumusan masalah; (2) pembuatan media tutorial; (3) validasi ahli; (4) eksperimen kelas dan (5) analisis data. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Teknik Arsitektur dan kelas X Teknik Sipil yang berjumlah 20 orang. Pengolahan data yang disajikan menggunakan teknik kuantitatif dengan analisis uji t.
Hasil penelitian ini menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media tutorial rencana anggaran biaya (RAB) berbasis Adobe Flash Player. Hasil penelitian ini diperkuat dengan hasil uji t skor postest yang menunjukan signifikan sebesar 0,01 < 0,05). Berdasarkan data tersebut disimpulkan terdapat peningkatan hasil pembelajaran pada mata pelajaran rencana anggaran biaya (RAB) berbasis flash media player.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Siharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nurgiyantoro. 2009. Pengantar Statistik. Yogyakarta: Makalah

Pratiwi. Niken. 2012. Pengertian Tutorial. Yogyakarta: Makalah Tutorial Psikologi Pendidikan.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.