Kesesuaian Ruang Bengkel Dan Peralatan Kerja Batu Untuk Mendukung Mata Pelajaran Praktik Konstruksi Batu Jurusan Teknik Konstruksi Batu Dan Beton Di SMK Negeri 2 Klaten

Juan Shanraiska, Drs. Sumarjo H, MT

Abstract


ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian luas ruang bengkel batu beton, jenis dan jumlah peralatan kerja batu, dan layout/penataan peralatan di ruang bengkel batu SMKN 2 Klaten berdasarkan standar yang berlaku. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan metode deskriptif evaluatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ruang dan fasilitas bengkel batu dan beton Jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton SMKN 2 Klaten, sedangkan objek penelitiannya adalah standar luas ruang bengkel batu beton, jenis dan jumlah peralatan, dan penataan peralatan kerja batu SMKN 2 Klaten. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif yaitu mengkomparasikan antara data hasil penelitian di SMK Negeri 2 Klaten dengan standar yang ada, dan didukung dengan hasil pengamatan lapangan.
Hasil penelitian ini adalah (1) luas ruang bengkel batu dan beton SMK Negeri 2 Klaten belum memenuhi standar, yaitu 178,5 m2 lebih kecil dari ukuran standar 256 m2; (2) jenis peralatan kerja batu sudah sesuai dengan kebutuhan peralatan belajar praktik konstruksi batu, namun jumlah peralatan belum sesuai dengan standar; (3) penataan peralatan sudah sesuai dengan standar dan proses kerja praktik yang sistematis.

Full Text:

PDF

References


Amrozi dan Mukhadis. 2011. Kesesuian Sarana Prasarana, Kompetensi Guru, Manajemen, dan Proses Praktikum Prodi Keahlian Teknik Otomotif SMK Ditinjau dari Standar Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005. http://journal.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/viewFile/2976/401. Diunduh pada 20 Oktober 2014 pukul 19.39 WIB.

Gagarin dkk. Tanpa tahun. Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur. http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/6ac336932b3ec1a415c4767d5cc0684f.pdf. Diunduh pada 20 Oktober 2014 pukul 19.34.

Pratama, Natsir Hendra. 2011. Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.