Keterkaitan Antara Kinerja Guru Dengan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 2 Klaten

Ofti Nurhayati, Prof. Slamet PH.,MA.,MEd.,MA.,MLHR.,Ph.D

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) Profil kinerja guru kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten, (2) Profil aktivitas belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten, (3) Korelasi antara kinerja guru dan aktivitas belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten, (4) Besarnya sumbangan kinerja guru terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X (kinerja guru) dan variabel Y (aktivitas belajar siswa). Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Simple Random Sampling, sampel diambil secara acak, jumlah sampel yang diambil sejumlah 53 siswa. Uji validitas menggunakan Expert Judgement dan dianalisis dengan korelasi Product Moment, uji reabilitas menggunakan α Cronbach, uji normalitas menggunkan chi kuadrat, uji linearitas menggunakan uji F, uji hipotesis menggunakan korelasi tunggal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata indikator kinerja guru adalah 52,717% (cukup), indikator aktivitas belajar siswa adalah 28,377% (cukup). Dari hasil penelitian menunjukkan rhitung=0,028, hal tersebut menunjukkan bahwa keterkaitan kinerja guru dengan aktivitas belajar siswa sangat rendah.

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional. (2011). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabetha.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alvabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.