Peranan Kemampuan Bersosialisasi Dan Beradaptasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangungan SMK Negeri 3 Yogyakarta

Aulia Habibul Aziz, Drs. Pusoko Prapto, MT

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kemampuan bersosialisasi dan beradaptasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 87 siswa. Sampel penelitian sebanyak 72 siswa yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling dengan signifikansi sebesar 5%. Pengumpulan data variabel kemampuan bersosialisasi, beradaptasi, dan motivasi belajar siswa menggunakan angket skala likert. Validasi instrumen angket diuji denganjudgement expert. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis normalitas, linearitas, dan multikolinearitas diuji sebelum uji hipotesis. Sedangkan uji hipotesis diuji menggunakan analisis regresi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan bersosialisasi tidak memiliki peranan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta; (2) Kemampuan beradaptasi memiliki peranan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta; (3) Kemampuan bersosialisasi dan kemampuan beradaptasi secara bersama – sama memiliki peranan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta dimana secara bersama – sama besar nilai peranan antara kemampuan bersosialisasi dan beradaptasi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 59,6% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2006). Proses Pendidikan dan Pelotihan Pendidikan Kejunmn SMK.

Rusdiana, Ria (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs N Batu Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Malang.

Sugiyono, (2005). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekotan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.