Kompetensi Kejuruan Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMKNegeri 2 Klaten

Septian Sumarsono, Drs. Sumarjo H, MT

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) standar kompetensi dan kompetensi dasar paket Kehlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten; (2) kesesuaian SK-KD antara SMK Negeri 2 Klaten dengan standar kompetensi SKKNI ; (3) kesesuaian kompetensi sekolah dan kompetensi dunia industri paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten.

Populasi penelitian ini adalah Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Klaten dan dunia kerja di wilayah DIY-Klaten SMK Negeri 2 Klaten. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini termasuk
studi kasus dari objek penelitian yaitu SMK Negeri 2 Klaten, dengan jumlah 2 tempat yaitu SMK Negeri 2 Klaten dan PT. Saraswati Indoland Development. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kompetensi Paket Keahlian TGB SMK Negeri 2 Klaten sesuai dengan Kompetensi dari SKKNI. Memang ada perbedaan jumlah Sub Kompetensi tetapi Subtansi
kedua Kompetensi diatas sama, (2) kompetensi Paket Keahlian TGB SMK Negeri 2 Klaten sesuai dengan Kompetensi dari Permendiknas Nomor 28 tahun 2009. Dan (3) ada 8 kompetensi yang di butuhkan di dunia industri tetapi belum ada pada SMK yaitu membuat Gambar Site Plan, membat Gambar denah pondasi dan tie beam, membuat gambar denah titik Bore Pile, membuat Gambar Lift, membuat Gambar Rangka atap baja ringan, membuat Gambar konstruksi Paving Block/aspal, membuat Gambar kolom bulat pada Konstruksi bangunan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Departemen Pekerjaan Umum (2006). Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Jakarta: Departemen pekerjaan umum.

Permendikbud No 70.(2013). Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/MAK. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 28. (2009). Tentang Standar Kompetensi Kejuruan Sekolah Menengah (SMK) /Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Jakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian, suatu pendekatan dan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.