Pengembangan Media Model Bangunan Tahan Gempa Sebagai Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung Di SMK Negeri 1 Purworejo

Achmad Rafi’ud Darajat, Faqih Ma’arif, MT.

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung, bahasan bangunan tahan gempa. Produk penelitian ini berupa pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan software macromedia flash dikombinasikan dengan aurora 3D.

Penelitian Research and Development (R&D) ini mengadaptasi model pengembangan four-D (4D). Secara garis besar penilitian ini dilakukan pada empat tahap utama, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan diseminasi (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal pretest-posttest. Angket digunakan dalam langkah validasi dan penilaian produk oleh siswa untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, sedangkan soal pretest-posttest digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis gain score.

Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran yang terdiri dari delapan komponen utama, yaitu: beranda, home, halaman standar kompetensi dan kompetensi dasar, materi, halaman metode konstruksi, halaman galeri, halaman evaluasi, dan halaman penyusun. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran dapat dikategorikan “sangat layak”. Penilaian siswa terhadap media pembelajaran dapat dikategorikan dalam kriteria “layak” sehingga media hasil pengembangan dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif. Hasil implementasi media menunjukan adanya dampak positif terhadap hasil belajar siswa dengan kenaikan nilai pretest dan posttest rata-rata mencapai 42,70% dengan perolehan gain score sebesar 0,541 dalam kategori sedang.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa

Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Hamidah, (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Bhineka.

Suartama, Kadek. (2010). Pengembangan Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Yogyakarta: Tesis UNY

Sudjana, & Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Thiagarajan, S; Semmel, D.S & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana:Indiana University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.