Persepsi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Yogyakarta terhadap Sekolah Menengah Kejuruan (SMP)

Kurnia Wasis Purnomo, Retna Hidayah, S.T, M.T, P.hD.,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Persepsi siswa sekolah menengah pertama (SMP) Negeri di Kota Yogyakarta terhadap sekolah menengah kejuruan (SMK) (2) Persepsi siswa SMP Negeri di Kota Yogyakarta terhadap SMK berdasarkan status sosial ekonomi keluarga (3) Persepsi siswa SMP Negeri di Kota Yogyakarta terhadap SMK berdasarkan status sekolah (4) Persepsi siswa SMP Negeri di Kota Yogyakarta terhadap SMK berdasarkan status sosial ekonomi keluarga dan status sekolahnya.

Penelitian ini merupakn jenis penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Proporsionate Stratified Random Sampling dengan jumlah total populasi sebesar 3304 siswa dan diambil 344 responden sebagai sampel. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan analisis komparatif dengan uji Independent T test, One-way Anova, dan Two-way Anova.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan klasifikasi skor maka persepsi siswa SMP tehadap SMK berada pada kategori cukup baik dengan presentase sebesar 52,9%. (2) terdapat perbedaan persepsi yang signifikan dari siswa SMP Negeri di Kota Yogyakarta terhadap SMK ditinjau dari tingkat status sosial ekonomi keluarga dengan nilai sig. 0,00 < 0,05. (3) terdapat perbedaan persepsi yang signifikan dari siswa SMP Negeri Kota Yogyakarta terhadap SMK ditinjau dari Status Sekolah dengan nilai sig. 0,00 < sig. α 0,05. (4) Tidak terdapat interaksi antara status sosial ekonomi dengan status sekolah terhadap persepsi siswa SMP Negeri di Kota Yogyakarta mengenai SMK, dengan nilai sig 0,985 > 0,05. Pada masing-masing grade sekolah, dibandingkan dengan siswa non KMS persepsi terhadap SMK dari siswa KMS selalu lebih baik. Selain itu, semakin rendah grade sekolah semakin baik pula persepsinya terhadap SMK.

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Dikpora DIY. (2014). Jumlah Sekolah Tingkat Menengah Atas. Diakses dari http://dikpora.jogjaprov.go.id/2014/04/07/Jumlah-sekolah-tingkat-menengah-atas/ Pada tanggal 7 Fenruari 2016, pukul 15.42 WIB

Imam Ghozali. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Saifuddin Azwar. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.