Pengaruh Kompetensi Soft Skills Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Seyegan

Eka Afrianti Sanjani, Drs. H. Suyitno, S.T., M.T.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi soft skiils guru dalam mengajar kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Seyegan tahun ajaran 2015/2016; (2) Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Seyegan tahun ajaran 2015/2016; (3) Pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Seyegan tahun ajaran 2015/2016; (4) Pengaruh kompetensi soft skills yaitu kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Seyegan tahun ajaran 2015/2016.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran yang mengajar kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Seyegan tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 17 guru, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket untuk mengumpulkan data kompetensi kepribadian guru dan kompetensi sosial guru, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi pada taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi soft skills  dalam mengajar siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Seyegan tahun ajaran 2015/2016 dalam kategori tinggi dengan persentase 70,6% dan nilai kompetensi sosial guru dengan persentase 58,8%; (2) terdapat pengaruh yang positif kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,06; (3) terdapat pengaruh yang positif kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,104; (4) terdapat pengaruh yang positif kompetensi kepribadian guru dan kompetensi sosial guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai koefisien (X1) sebesar 0,045 dan (X2) sebesar 0,050.

Full Text:

PDF

References


Danang Sunyoto. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books.

Djemari Mardapi (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendika.

Husaini Usman, Setiady Purnomo. (2009). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.