Keselarasan Kualitas/Kompetensi Lulusan SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di Kota Yogyakarta Dengan Dunia Kerja

Widi Lesmana, Prof. Slamet PH.,MA.,MEd.,MA.,MLHR.,Ph.D

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kompetensi lulusan SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan yang dibutuhkan dunia kerja (2) persentase keselarasan lulusan dari setiap aspek(3) tingkat keselarasan kualitas/kompetensi lulusan SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan dengan kebutuhan dunia kerja (4) kinerja BKK dalam melaksanakan peran dan fungsinya di SMK dan di dunia kerja.

Tempat penelitian ini adalah SMKN 2 Yogyakarta, SMKN 3 Yogyakarta, CV. Bline Desain, CV. Griya Teknika, CV Basmala Land Property, CV. Prima Konstruksi, CV. Ahmad Faruqi Group dan CV. Meltech Solusindo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif non hipotesis dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan wawancara. Keabsahan data diuji dengan pendapat ahli untuk validasi isi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat 24 kompetensi lulusan SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan yang dibutuhkan dunia kerja tetapi tidak terdapat pada Standar Kompetensi Nasional (2) 74% keselarasan kualitas untuk aspek kognitif, 78% keselarasan kualitas untuk aspek afektif, 73% keselarasan kualitas untuk aspek psikomotorik dan persentase keselarasan kualitas dari ketiga aspek tersebut adalah 74% (3) kualitas yang dimiliki lulusan SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan masuk kedalam kriteria “cukup selaras” dengan kompetensi lulusan yang dibutuhkan dunia kerja dan (4) Kinerja BKK tidak optimal dikarenakan adanya 3 peran dan fungsi BKK yang tidak dilaksanakan di SMK.

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo. (2011). Memahami Metode-metode Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 28. (2009). Tentang Standar Kompetensi Kejuruan Sekolah Menengah (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.