Hubungan Interpersonal Antar Siswa Dan Keaktifan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta

Yusup Yusup, Drs. Sudiyono. AD, M.Sc

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) seberapa baik hubungan interpersonal antar siswa program keahlian teknik bangunan kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) seberapa baik keaktifan belajar siswa program keahlian teknik bangunan kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta, (3) seberapa baik prestasi belajar pada mata pelajaran produktif program keahlian teknik bangunan kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2013/2014, dan (4) korelasi hubungan interpersonal antar siswa dan keaktifan belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 3 Yogyakarta jurusan Teknik Bangunan kelas x tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian Expost-facto dengan tingkat eksplanasi asosiatif. Dengan sampel siswa kelas X program keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta sebanyak 84 responden dengan teknik sampel proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis deskriptif variabel, korelasi product moment dan korelasi ganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hubungan interpersonal antar siswa program keahlian teknik bangunan kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta berada pada kategori baik dengan rerata sebesar 133,32, (2) keaktifan belajar siswa program keahlian teknik bangunan kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta berada pada kategori baik dengan rerata sebesar 60,85, (3) nilai rapor seluruh mata pelajaran produktif diperoleh prestasi belajar siswa kelas X paket keahlian teknik Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2013/2014 berada katagori cukup dengan rerata sebesar 79,42, (4) hubungan interpersonal antar siswa dan keaktifan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas X program keahlian teknik bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 berkorelasi dan signifikan, koefisien korelasi rxy =0,390 > rtabel = 0,213, koefisien determinasi R2xy= 0,15 dan p =0,001<0,05, Fh= 7,265 > Ft 3,105. Koefisien pengaruh 15% dan 85% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Full Text:

PDF

References


Abin Syamsuddin makmum. (2003). Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya, bandung.

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. (1991). Psikologi belajar, Rineka Cipta, jakarta.

Abu Muhammad Ibnu Abdullah. (2008). Prestasi Belajar. Diakses dari http://spesialis-torch.com pada tanggal 12 April 2014, Jam 21.30 WIB.

Anonim. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Basleman, Anisah dan Syamsu Mappa. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Buhrmester, D., Furman, W., Wittenberg, M.T., & Reis, D. (1998). Five Domain of Interpersonal Competence in Peer Relationship. Journal of Personality and Social Psycology. Vol.55, No.6, 991-1008, American Psychological Association, University of California, Los Angeles, United State American.

Cangara, H Hafied. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Changhui Kang. (2006). Academic Interactions among Classroom Peers: A Cross-Country Comparison Using TIMSS, AThesis, Department of Economics, National University of Singapore, 1 Arts Link, Singapore 117570, Singapore;E-mail: ecskch@nus.edu.sg, Phone: +65-6516-6830, Fax: +65-6775-2646.

Ching-Chun Shih. (2001).Web-Based Learning: Relationships Among Student Motivation, Attitude, Learning Styles, And Achievement, Journal of Agricultural Education, Volume 42, Issue 4, 2001, Iowa State University.

Devito, Joseph A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional books.

Dian Wisnuwardhani dan Sri Fatmawati mashoedi. (2012). Hubungan Interpersonal, Penerbit Saleba Humanika, Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajaran, penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Duboia, D.A and Rothwell, W.J. (2004). Competency-Based Human Resource Management (Palo_Alto) edition. Pearson Education Inc. New Jersey.

Effie Maclellan. (2005). Academic achievement;The role of praise in motivating students , Journals, University of Strathclyde, UK (The Higher Education Academy and SAGE Publications (London, Thousand Oaks, CA and New Delhi) Vol 6(3): 194–206.

Eric Hanushek. (1971). Teacher Characteristics and gains in Student Achievement: Estimation Using Micro Data The American Economic Review, Volume 61, Issue 2, Papers and Proceedings of the Eighty-Third Annual Meeting of the American Economic Association (May,1971),280_288.http://links.jstor.org/sici?sici=00028282%28197105%2961%3A2%3C280%3ATCAGIS%3E2.0.CO%3B2-G.

Fadli Rasaq. (2012). Hubungan Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Siswa dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Xi Program Keahlian Teknik Otomotif Di Smk Muhammadiyah 4 Klaten Tengah Tahun Ajaran 2012/2013, Skripsi, Fakutas Teknik, UNY,Yogyakarta.

Goetsch, David L., Stanley B. Davis. (2011). Quality Management Introduction to Total Quality Management for Production, Processing and Services Fifth Edition, New Jersay, Pearson Prentice Hall.

Grace Adebisi Fayombo. (2013). Active Learning Strategies and Academic Achievement among Some Psychology Undergraduates in Barbados, Journals, World Academy of Science, Engineering and Technology Vol: 7 2013-07-27.

Hamalik, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Ian P. Rothwell. (2004). In the company of others: An introduction to communication. (2nd ed.). New York: McGraw-Hill.

Ilyas. (2008). Fungsi dan Pengukuran Prestasi belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Inna mawaddah ningsih. (2012). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal dan Pengembangan Karir dengan Kepuasan Kerja. Skripsi, Univesitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Jalaluddin Rachmat. (2003). Psikologi Komunikasi, Remaja Rosdakarya, bandung.

Jamal Ma’mur Asmani. (2011). 7 Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : DIVA Press.

Julia T. Wood. (2010). Interpersonal Communication: Everyday Encounters, Sixth Edition ,The University of North Carolina at Chapel Hill, 2010.

Komarudin. (1994). Metode Penelitian Skripsi & Tesis. Bandung: Angkasa.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Liele Soltanzadeh, Seyed Reza Nazari Hashemi dan Sakineh Shahi. (2013). The effect of active learning on academic achievement motivation in high schools students, Department of Management, Khozestan Research and Science Branch, Islamic Azad University,Shahid Beheshti University,Shahid Chamran University of Ahvaz, Iran Scholars Research Library Archives of Applied Science Research, 2013,Journals, 5 (6):127-13.

Lynn Lyons Morris dan Carol Taylor Fitz Gibbon. (1978). How to Measure Achievement. London: Sage Publication.

Margarita Azmitia dan Ryan Montgomery. (1993). Friendship, transactive dialogues, and the development of scientific reasoning; Social Development,Journals, Volume 2, Issue 3, pages 202–221, November 1993 Article first published online: 28 APR 2006, DOI: 10.1111/j.1467-9507.1993.tb00014.

Martinis Yamin. (2007). Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta : Gaung. Persada Press.

Miftah Thoha. (1986). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: CV. Rajawali.

Muhibbin, Syah. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2001). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

. (2011). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Mustafa Er, Ugur Altunay, Irfan Yurdabakan. (2012). The Effects Of Active Learning On Foreign Language Self-Concept And Reading Comprehension Achievement, Turkish Air Force Academy, Dokuz Eylul University, International Journal On New Trends In Education And Their Implications. October 2012 Volume: 3 Issue: 4 Article: 04 ISSN 1309-6249.

Nasir.M. (1999). Metode Penelitian. Jakarta :Galia Indo.

Natalie Ann Zitzmann. (2005). Peer Relations And Academic Achievement In Early Elementary School, A Thesis; Faculty of the University and Submitted to the Graduate Louisiana State Agricultural and Mechanical College in partial fulfillment of the requirements for the degree of Master of Science in The School of Human Ecology B.S., Louisiana State University, August 2005.

Nicole Denise Dobransky. (2013). Optimizing Learning Through Teacher-Student Relationships: a Test of The Causal Process Student Understanding Model. University of Kentucky. 2008.Dissertation Abstract International. University of Kentucky UKnowledge. Diakses dari http://uknowledge.uky.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1671&context=gradschool_diss. Pada Tanggal 21 April 2014, Pukul 19.15 WIB.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peter Arcidiacono dan Sean Nicholson. (2003). Peer Effects in Medical School, Duke University and University of Pennsylvania NBER. Diakses dari http://piketty.pse.ens.fr/files/Arcidiacono2003.pdf. Pada Tanggal 11 September 2014, Pukul 07.18 WIB.

Riduwan dan Sunarto. (2007). Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.

Riduwan. (2006). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

Santrock, J.W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. edisi keenam. Alih bahasa, Shinto. B. Adelar dan Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga (Edisi Keenam).

Sardiman. (2007). Interaksi & motivasi belajar-mengajar, PT Raja Grafindo Pustaka, jakarta.

Slameto. (2010). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhinya, penerbit Rineka Cipta, jakarta.

Sry Ayu Rejeki. (2007). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Dengan Pemahaman Moral Pada Remaja. Skripsi, Fakultas Psikologi. Universitas Gunadarma.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha ilmu. Sutratinah Tirtonegoro. 2001. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi. (2004).Metodologi Research, Jilid 3., Yogyakarta: Andi Offset.

Tubbs, L. Stewart & Moss, Sylvia. (1996). Human Communication: Konteks-konteks komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Vygotsky, L. (1978). The Role of Play in Development (pp. 92-104).Journals, In Mind in Society. (Trans.M. Cole). Cambridge, MA: Harvard University Press.

Whittaker, James O. (1972). Introduction to Psychology, (London: W.B. Sounders Company, 1972).

Wiratna Sujarweni. (2007). Belajar Mudah SPSS Untuk Penelitian, Yogyakarta: Penerbit Ardana Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.