Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Jejaring Sosial Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan Kelas XI Di SMK N 1 Seyegan

Tommy Wijayanto, Dr. V. Lilik Hariyanto, M. Pd.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat keaktifan siswa dalam memanfaatkan situs jejaring sosial facebook di sekolah (2) tingkat prestasi belajar siswa (3) pengaruh keaktifan siswa dalam memanfaatkan facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas XI bidang keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan sebanyak 58 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 42 responden ditentukan dengan nomogram Harry King, selanjutnya sampel disetiap kelas ditentukan dengan teknik sampling proporsional. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) tingkat keaktifan siswa dalam jejaring sosial facebook masuk kategori cukup aktif dengan presentase 40,47% (2) tingkat prestasi siswa masuk kategori baik dengan presentase 100% (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan siswa dalam jejaring sosial facebook terhadap prestasi belajar siswa pada taraf signifikansi 0,05;

Full Text:

PDF

References


Andriyanto M. Wijaya. S.Si. M.T. (2010). Jurnal Sosial Media. Bandung : Universitas Nurpatio Bandung

Asbi Samli. (2009). Pengaruh Kegiatan Mengakses Facebook Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar. Skripsi. Makasar:UIN Alaudin

Dhias Anggarefni Nurmihasti. (2012). Dampak Kegiatan Mengakses Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga Kelas Xi Di Smk N 3 Wonosari. Skripsi. Yogyakarta:FT UNY

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Handoko Cahyandaru. (2013). Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN Yogyakarta II. Skripsi. Yogyakarta: FT UNY

Ilham Zen. (2013). Teknik Sampling. Diakses dari http://freelearningji.wordpress.com/2013/03/20/88/ pada tanggal 14 Maret 2014, Jam 22.54 WIB.

Madcoms. (2009). Gaul Berteman lewat Facebook. Yogyakarta : C.V Andi Offset

Mardiana Wati dan A.R Rizky. (2009). 5 Jam Menjadi Terkenal Lewat Facebook. Bandung. CV. Yrama Widya.

Ory Sandy, (2013). Media Sosial. Diakses dari http://jurnal-oryzaysandy.blogspot.com/2013/05/media-sosial.html. Pada tanggal 18 maret 2014, Jam 20.17 WIB.

Rindia Cincibati Pertiwi (2010). Implikasi Situs Jejaring Sosial (Facebook) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 2 di SMA NU Ma'arif Pandaan. Skripsi. Malang:UIN Malang

Saifuddin Azwar. (1996). Tes Prestasi (Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun Pusat Bahasa. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim Tugas Akhir Skripsi FT UNY. (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta. UNY Press.

We are social. (2014). Global Digital Statistic 2014. Diakses dari http://www.slideshare.net/wearesocialsg/social-digital-mobile-around-the-world-january-2014, pada tanggal 9 maret 2014, Jam 13.09 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.