Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Bangunan Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Di Kelas XA Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton Di SMK N 2 Pengasih Kulon Progo

Briston Bernardus Manullang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan metode resitasi terhadap prestasi belajar siswa teknik bangunan mata pelajaran ilmu bangunan dikelas XA Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton di SMK N.2 Pengasih Kulon Progo.

Desain penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode quasi eksperimen dengan bentuk Non- Equivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini yaitu, variabel bebas berupa kelas kontrol dan kelas eksperimen, sedangkan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XA Program Keahlian Konstruksi Batu Beton di SMK N 2 Pengasih Kulon Progo yang berjumlah 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil semua siswa kelas XA yang berjumlah 32 siswa, 16 siswa sebagai kelompok Eksperimen (XA2) dan 16 siswa sebagai kelompok Kontrol (XA1). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Pengujian persyaratan hipotesis menggunakan uji normalitas (menggunakan teknik analisis chi kuadrat) dan uji homogenitas. Validitas instrument soal tes dilakukan dengan judgement expert dan uji coba instrument. Reliabilitas instrument tes dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t kelompok terpisah (independent sample test). Uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar siswa.

Hasil penelitian diketahui bahwa ada perbedaan antara hasil belajar menggunakan metode resitasi dengan metode konvensional. Dimana thitung 2,095. Pvalue Sig. = 0,045 < 0,05. Rerata nilai belajar siswa menggunakan metode resitasi sebesar 60 dan nilai rerata siswa menggunakan metode konvensional sebesar 45,25. Perbedaan hasil belajar menggunakan metode resitasi dengan konvensional sebesar 14,75 atau sebesar 0,246%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar penggunaan metode resitasi lebih besar dari hasil belajar metode konvensional. Analisis hasil tes siswa yang diuji dengan uji-t dengan perolehan thitung > ttabel (2,095 > 2,045) .

Full Text:

PDF

References


Abudin Nata. (2000). Pemikiran Para Tokoh Pendidik Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Asian brain. (2009). Pengertian Pendidikan. htm diakses dari http://www. pada tanggal 20 Desmber 2013, pukul 09.40 Wib.

Daryanto. (1981). Pendidikan Iteraktif Dan Edukatif. Bandung: Alfabeta.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kabar Pendidikan.com. kelebihan dan kekurangan metode Resitasi.html.htm diakses dari http://www.Blog . rabu 03 oktober 2013. Pukul 10.00 Wib.

Latifa Arina Rizqi. (2014). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Kejuruan Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N Depok. Skripsi. FT. UNY

Muhaimin Syah. (1997). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatajn Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

________ (19950). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Mulyani S dan Jihar Permana. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jateng: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan.

Muhammad Azhar. (1993). Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Nasional.

Nurkancana. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Oemar Hamalik. (2002). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Roestiyah N.K. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Rusyan Tabrani. (1989). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sardiman. (1986). Instruksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Siti Musruroh. (2006). Pengaruh Penggunaan Tugas dan resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 Semester 2 Pokok Bahasan Sitem Persamaan Linear Dua Variabel SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Skripsi. FMIPA. UNESA

Siti Nursiah. (2011). Peningkatan Aktifitas Dan Prestasi Belajar Menggunakan Metode Resitasi Di Kelas Pada Mata Pelajaran Akuntansi SMA N.2 Bandar Lampung. Srkipsi. FE. UNILA

Slameto. (1991). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_________ (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (1996). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sutratinah Tirtonegoro. (2001) Anak Super Normal. Jakarta: Bumi Aksara

Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Butir Untuk Instrumen. Yogyakarta: Andi Offest.

Syaiful Bahri Djamarah. (1994). Prestasi Belajar Dan Kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.

_________ (1995). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

_________ (2000). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

_________ (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Tugas Akhir Skripsi. (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Wawan Ssusilo.(2010). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akintansi Dengan Metode Resitasi Bagi Siswa Kelas XI IPS SMA N.1 Batu Retno. Skripsi. Malang

Wildan Irwahyudi. (2010). Penerapan Metode Resitasi Dan Metode Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN Pulerejo 02 Bakung Blitar. Tugas Khir Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Zainal Arifi. (1990). Evaluasi Instruksiona . Bandung: Remaja Rosdakarya

Zuhairini Abdul Gofir Dkk. (1983). Metode Khusus Pendidikan Agama. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.