Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah Dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN 2 Yogyakarta

Fadil Faozi, Pangat Pangat, M.T.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keaktifan siswa dalam kegiatan OSIS, (2) kreativias siswa, (3) prestasi belajar siswa, (4) pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar siswa, (5) pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa, (6) pengaruh bersama-sama keaktifan siswa dalam kegiatan OSIS dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN 2 Yogyakarta yang berjumlah 62 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan siswa dalam kegiatan OSIS dalam kategori tinggi (2) Kreativitas siswa dalam kategori tinggi (3) Prestasi belajar siswa dalam kategori baik, (4)Tidak terdapat pengaruh signifikan keaktifan siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar siswa program keahlian teknik bangunan SMKN 2 Yogyakarta dengan nilai probabilitas (p) 0,150> 0,05, (5) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa SMKN 2 Yogyakarta dengan nilai probabilitas (p) 0,143 > 0,05 (6) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan siswa dalam kegiatan OSIS dan kreativitas siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMKN 2 Yogyakarta dengan nilai probabilitas (p) 0,174> 0,05, dan persamaan Y=2,855 -0,004x1+0,004x2


Full Text:

PDF

References


Djemari Mardapi, (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset.

Ngalim Purwanto. (1988). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugihartono dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press Sugiyono. (2007). Statika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Tim Tugas Akhir Skripsi FT UNY. (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta. UNY Press.

Utami Munandar S.C. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.