Tanggapan Siswa SMK N 1 Magelang Program Keahlian Teknik Bangunan Terhadap Kompetensi Mengajar Mahasiswa PPL UNY

Aditya Putra, Drs. Suparman, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tanggapan siswa terhadap kompetensi mengajar mahasiswa yang meliputi: membuka dan menutup pelajaran, memberikan petunjuk cara belajar, mengelola kelas, memiliki pengetahuan dalam penguasaan materi ajar, penyampaian materi, dan pendemonstrasian materi pelajaran; (2) mengetahui tanggapan siswa masing-masing paket keahlian teknik bangunan terhadap kompetensi mengajar yang meliputi: kegiatan pembukaan, inti, penutup pada pembelajaran dan pengetahuan, pemahaman dan aplikasi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan populasi, dengan responden 90 siswa kelas XI SMK N 1 Magelang. Variabel penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap kompetensi mengajar mahasiswa PPL. Teknik pengumpulan data yang menggunakan kuesioner. Uji validitas instrumen penelitian berdasarkan validasi logis dan validasi empiris. Uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dari pemberian skor instrumen 1 sampai dengan 4 menunjukkan: (1) tanggapan siswa program keahlian teknik bangunan terhadap kompetensi mengajar berada dalam kategori cukup baik dengan skor rata-rata sebesar 2,98, yang menunjukkan kompetensi mengajar mahasiswa PPL cukup baik dalam menyampaikan pelajaran; (2) tanggapan siswa paket keahlian teknik gambar bangunan terhadap kompetensi mengajar berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 3,07; tanggapan siswa paket keahlian teknik konstruksi kayu terhadap kompetensi mengajar berada dalam kategori cukup baik dengan skor rata-rata sebesar 2,88; tanggapan siswa paket keahlian teknik konstruksi batu beton terhadap kompetensi mengajar berada dalam kategori cukup baik dengan skor rata-rata 2,97; menunjukkan tanggapan siswa masing-masing paket keahlian teknik bangunan baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.