Hubungan Lingkungan Sosial Dan Keaktifan Kegiatan Di Kampus Dengan Kompetensi Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

Galang Ilham Y.A,, Drs. Suparman, M.Pd

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) seberapa baik kompetensi sosial mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (JPBP FBS UNY), (2) seberapa baik lingkungan sosial di kampus mahasiswa JPBP FBS UNY, (3) seberapa besar tingkat keaktifan kegiatan di kampus mahasiswa JPBP FBS UNY, (4) hubungan lingkungan sosial dan keaktifan kegiatan di kampus dengan kompetensi sosial mahasiswa JPBP FBS UNY. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto dan merupakan penelitian assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa JPBP FBS UNY sebanyak 220 siswa dengan jumlah sampel 141 responden yang dihitung dengan tabel Krejcie-Morgan. Penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, korelasi product moment dan korelasi ganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi sosial mahasiswa JPBP FBS UNY berada pada kategori baik dengan ditunjukkan reratanya 2,99 (skala 4), (2) lingkungan sosial di kampus mahasiswa JPBP FBS UNY berada pada kategori cukup baik dengan ditunjukkan reratanya 2,4, (3) keaktifan kegiatan di kampus mahasiswa JPBP FBS UNY berada pada kategori kurang baik dengan ditunjukkan reratanya 2,1, (4) ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sosial dan keaktifan kegiatan di kampus dengan kompetensi sosial mahasiswa JPBP FBS UNY, nilai probabilitas p<0,05, nilai Fhitung= 28,4>Ftabel 3,06. Koefisien determinan 29,4% sedangkan 70,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Full Text:

PDF

References


Brandoi, Suryono. (2013). Masih Efektifkah Menyalurkan Aspirasi Lewat Demostrasi. diaksesdari http://suryonosiringoringo .wordpress.com/ pada tanggal 29 November 2014, pukul 08.17 WIB.

Leny dan P. Tommy Y. S. Suyasa. (2006). Keaktifan Berorganisasi dan Kompetensi Interpersonal. Jurnal Phronesis. (No 1

Tahun8). Hal 71-99.Diakses dari http: //www.researchgate.net/profile/P_Tommy_Y_Suyasa/publication/260750466_Keaktifan_Berorganisasi_dan_Kompetensi_Interpersonal/links/00b495321e7f295cd3000000?origin=publication_detail.Tanggal 4 November 2014 pada pukul 14:28 WIB.

Muhibbin Syah. (2001). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nashori, F. (2000). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kompetensi Interpersonal Mahasiswa. Jurnal Anima. 16 (1). Hlm. 32-40.

S. Eko Putro Wiyoko. (2005). Kompetensi Mengajar Guru Ekonomi SMA Kabupaten Purworejo. Jurnal Ilmiah Pendidikan (No. 3 tahun XXIV). Hlm. 372.

Suparman dkk. (2014). Profil Kompetensi Sosial Mahasiswa Calon Guru Universitas Negeri Yogyakarta. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

UNY. (2014). Panduan Pengajaran Mikro. Yogyakarta: UPPL UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.